Selasa, 19 Juni 2018

    Tanggul Jebol TNI, Warga dan Polri Beraksi di Kediri

    Kamis, 22 Maret 2018 19:23:00
    BAGIKAN:
    istimewa.
    Gotong royong perbaiki tanggul jebol.

    Aksi TNI bersama warga Desa Sumberduren terjadi, pasca tanggul yang berada di Dusun Templek dan Cengkok (keduanya masuk wilayah desa Sumberduren) mengalami erosi dan jebol, usai diguyur hujan deras seharian. Sebagaimana diutarakan Danramil Grogol Kapten Inf Suliyono, tanggul yang berada di Dusun Templek tergerus air sungai hingga hampir menyentuh dinding tanah yang berbatasan dengan lahan pertanian warga, sedangkan tanggul yang berada di Dusun Cengkok jebol hingga kelebaran sekitar 12 meter dan ketinggian sekitar tiga meter.

    “Kodim Kediri bersama warga Sumberduren dan Polsek Tarokan berupaya mencegah terjadinya gagal panen, khususnya padi. Kedua tanggul ini sangat rawan dan beresiko bila tidak segera di rehabilitasi, karena letaknya tepat bersebelahan dengan lahan pertanian warga,” ujar Kapten Inf Suliyono, Kamis 23 Maret 2018.

    Di Dusun Templek, tanggul setinggi sekitar tiga meter ini, berkurang ketebalannya, karena terus menerus tergerus air sungai dan ketebalan tanggul dengan lahan pertanian warga hanya berjarak sekitar 30 hingga 40 cm, tidak lebih dari setengah meter. Penebalan tanggul dilakukan dengan menumpuk karung yang sudah terisi pasir dan kerikil, selanjutnya untuk menahan posisi karung yang sudah bertumpukan, sesek atau gedek digunakan sejajar dengan diperkuat patok atau bambu.
     

    BAGIKAN:

    BACA JUGA

    KOMENTAR
    Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
    vipqiuqiu99 vipqiuqiu99