Rabu, 17 Oktober 2018

Liu Xia Tinggalkan China

Oleh: alex
Rabu, 11 Juli 2018 03:06:00
BAGIKAN:
testar.
Bandara China.

BEIJING (MM): Liu Xia, janda pembangkang politik pemenang Hadiah Nobel Perdamaian China Liu Xiaobo, meninggalkan China menuju Jerman, dalam berita yang disambut oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia yang telah lama mendesak pembebasannya dari tahanan rumah.

Liu Xia sedang dalam penerbangan Finnair menuju Helsinki yang meninggalkan Beijing sekitar pukul 11.00 waktu setempat (10.00 WIB), menurut Ye Du, seorang penulis dan temannya. Ye mengatakan dia diberitahu tentang kepergian Liu oleh kakak laki-lakinya.

Liu Xia, 57, telah pergi untuk "memulai kehidupan barunya" di Eropa, demikian adik laki-lakinya, Liu Hui, di akun "WeChat"-nya, menurut tangkapan layar dari pesan yang ditampilkan oleh seorang teman yang menolak untuk diidentifikasi.

Kepergiannya, setelah setahun tekanan terhadap Beijing dari pegiat dan kelompok hak asasi manusia, tiba di akhir kunjungan ke Jerman oleh Perdana Menteri China Li Keqiang, di mana kedua negara menandatangani kesepakatan komersial senilai lebih dari 23 miliar dolar AS.

Liu akan meninggalkan Jerman pada Selasa 10 JUli 2018.

Johnny Lau, seorang komentator politik di Hong Kong, mengatakan bahwa dia yakin pihak berwenang telah membiarkan Liu Xia pergi untuk menghindari kasusnya, yang memicu "lonjakan" tekanan pada China tentang peringatan 13 Juli atas kematian Liu Xiaobo.

China berusaha meningkatkan hubungannya dengan Uni Eropa di tengah perang dagang dengan Amerika Serikat.

"Perang dagang juga pecah antara China dan Amerika Serikat. China berharap untuk bekerjasama dengan Jerman," katanya.

"Sekarang China telah memanfaatkan peluang untuk membantu Jerman untuk memperkuat hubungan China-Jerman," tambahnya.

Jerman telah mendorong China untuk membiarkan Liu pergi setelah kematian suaminya pada 13 Juli 2017, dari kanker hati pada usia 61 tahun saat ditahan, kata para diplomat Barat.

Pejabat di kedutaan Jerman di Beijing tidak mengonfirmasi berita ketika dihubungi dan merujuk pertanyaan ke Kantor Luar Negeri Jerman di Berlin.

Juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying mengatakan pada penjelasan singkat bahwa Liu Xia pergi ke Jerman untuk mencari perawatan medis sesuai dengan keinginannya.

Hua mengatakan dia "tidak bisa melihat hubungan apa pun" antara kepergian Liu Xia dan kunjungan tingkat tinggi China.

"Ini bukan masalah diplomatik," katanya.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99