Jumat, 28 Juli 2017

Tingkatkan Wisatawan China

Oleh: Beng San
Rabu, 05 Juli 2017 04:58:00
BAGIKAN:
istimewa
Wisatawan China.

JAKARTA (MM): Pusat Asean-China (Asean-China Center/ACC) mempromosikan pariwisata Indonesia kepada sejumlah media China, untuk meningkatkan kerja sama pariwisata kedua pihak dan pemahaman antarmasyarakat kedua bangsa.

"Media memiliki peran penting untuk memberikan saling pemahaman yang tepat, guna meningkatkan hubungan Asean dan China. Indonesia adalah negara terbesar di Asean, jumlah penduduknya terbanyak di Asean, dan memiliki banyak keragaman budaya," kata Sekjen Pusat Asean-China (ACC) Yang Xiuping di Jakarta, Selasa 4 Juli 2017.

ACC mengundang tujuh media massa China seperti surat kabar berbahasa Inggris "Global Times", jaringan televisi CNTV, harian "China Daily" dan "Jiangxi Radio and Television".

Yang Xiuping menambahkan,"Asean dan China memiliki komitmen untuk saling mendukung dan membangun, termasuk dalam meningkatkan kerja sama pariwisata antara Asean dan China, terlebih tahun ini adalah tahun kerja sama pariwisata Asean".

Pada 2015 jumlah saling kunjung antara wisatawan Asean dan China mencapai 23.640.000 orang. Jumlah tersebut terdiri atas 17.900.000 turis China melancong ke Asean dan 6.550.000 turis Asean ke Negeri Panda.

Selama berada di Indonesia, para jurnalis China mengunjungi Kepulauan Seribu, dan beberapa obyek budaya di Jakarta.

"Saya saja yang pernah beberapa kali ke Indonesia, karena penugasan, belum semua wilayah di Indonesia saya dapat kunjungi. Padahal Indonesia memiliki hampir 17 ribu pulau dengan keberagaman alam yang indah," kata mantan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RRC untuk Asean itu.

Direktur Divisi Informasi dan Kehumasan ACC, Vithit Powattanasuk mengatakan sejak lima tahun silam didirikan, ACC telah banyak berperan mempererat hubungan Asean dan China, di bidang kebudayaan, pendidikan, pariwisata, perdagangan serta investasi.

"Namun semua itu tidak akan berarti tanpa dukungan media, baik dari setiap negara Asean maupun media China. Media memiliki peran penting untuk mewartakan apa itu ACC dan perannya bagi peningkatan hubungan Asean dan China," tuturnya.

Terkait peran media, lanjut dia, ACC rutin mengundang media Asean untuk mengunjungi salah satu daerah di China secara bergiliran, dan media China untuk mengunjugi salah satu negara Asean.

Pada 2016, ACC mengundang media negara Asean untuk mengunjungi Yunnan dan Jiangsu, sebaliknya media China mengunjungi Kamboja serta Vietnam.

"Untuk 2017, kami mengundang media China untuk mengunjungi Filipina sebagai Ketua Asean, dan salah satu negara Asean yakni Indonesia. Kami berharap ini menjadi hal yang menarik, apalagi tahun depan adalah tahun kerja sama pariwisata Asean-China" ungkapnya.

Ia berharap kerja sama ACC dan media, baik dari Asean maupun China, akan semakin erat dan kokoh.

"ACC baru berusia lima tahun, masih butuh untuk berkembang lebih baik agar dapat memberikan yang terbaik bagi hubungan Asean dan Tiongkok," demikian Vithit Powattanasuk.
 

Sumber: antara/xinhua
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2017 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.