Selasa, 25 September 2018
  • Home
  • Politik
  • Tokoh Pemburu Korupsi Jadi Wakil Presiden China

Tokoh Pemburu Korupsi Jadi Wakil Presiden China

Oleh: marsot
Sabtu, 17 Maret 2018 17:19:00
BAGIKAN:
istimewa.
China.

BEIJING (MM): Parlemen China memilih mantan tokoh pemburu korupsi Wang Qishan, sekutu penting Presiden Xi Jinping, menjadi wakil presiden pada Sabtu, yang telah diperkiraan, meskipun melanggar konvensi dan menegaskan kewenangan besar Xi.

Xi juga terpilih kembali sebagai presiden oleh parlemen, tanpa suara menolak.

Wang membungkuk dua kali dan kemudian berjalan ke Xi untuk menjabat tangannya setelah pemungutan suara diumumkan di Balai Besar Rakyat di Beijing. Hanya satu orang memilih menolak Wang dari 2.970 suara.

Wang dikenal sebagai "penakluk api" untuk peran utamanya dalam menangani masalah, seperti, korupsi dan keuangan dalam negeri, selama bertahun-tahun, juga memiliki pengalaman berurusan dengan Amerika Serikat dalam peran sebelumnya sebagai wakil perdana menteri, yang memimpin perundingan ekonomi tahunan dengan Washington.

Dia adalah pemain utama dalam pertempuran Xi melawan korupsi, dengan puluhan pejabat senior dipenjara selama masa jabatannya sebagai petempur korupsi utama, termasuk kepala keamanan domestik yang menakutkan, Zhou Yongkang, yang sekarang menjalani hukuman penjara.

Pada minggu lalu, parlemen memilih untuk mengubah konstitusi, yang menghapus batas masa jabatan presiden dan wakil presiden, yang berarti Xi dapat tetap berkuasa tanpa batas waktu.

Penunjukan Wang memiliki peluang membentuk kembali yang biasanya merupakan peran seremonial. Hubungan China dengan Amerika Serikat kemungkinan menjadi bagian penting dari tugasnya, kata diplomat dan sumber terkait dengan pemimpin China.
 

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99