Senin, 19 Agustus 2019

Pertemuan Puncak Kedua Trump-Kim

Oleh: marsot
Minggu, 20 Januari 2019 04:55:00
BAGIKAN:
reuters.
Donald Trump-Kim Jong un.

WASHINGTON (MM): Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan mengadakan pertemuan puncak kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akhir Februari tetapi masih memberlakukan sanksi-sanksi atas Pyongyang, kata Gedung Putih pada Jumat.

Gedung Putih juga mengatakan Trump telah bertemu dengan Kim Yong Chol, perunding tinggi nuklir Pyongyang.

Pengumuman tersebut terjadi di tengah-tengah kesibukan diplomatik di Washington yang melingkupi kunjungan Kim Yong Chol, mantan kepala intelijen bergaris keras, dan menandai isyarat gerakan dalam usaha penghapusan program nuklir (denuklirisasi) yang mogok sejak pertemuan antara Trump dan pemimpin Korea Utara itu di Singapura pada 12 Juni.

"Presiden Donald J. Trump beretemu dengan Kim Yong Chol selama sejam setengah untuk membahas denuklirisasi dan pertemuan puncak kedua, yang akan berlangsung akhir Februari," kata Sarah Sanders, juru bicara Gedung Putih.

Dia mengatakan lokasi untuk pertemuan tersebut akan diumumkan kemudian.

Pertemuan puncak itu diumumkan walaupun tak ada indikasi untuk mempersempit perbedaan di antara kedua negara itu. AS menuntut Korea Utara meninggalkan program senjata nuklir yang mengancam AS dan Pyongyang menuntut pencabutan sanksi-sanksi yang berlaku.

Sanders mengatakan pembicaraan Trump dengan utusan Korea Utara itu produktif tapi menambahkan bahwa AS "akan terus mempertahankan tekanan dan sanksi atas Korea Utara." Kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan pihaknya mengharapkan pertemuan puncak nanti akan jadi "titik balik untuk meletakkan fondasi kuat bagi perdamaian yang lestari di semenanjung Korea." Korea Selatan akan bekerja dengan AS dan negara-negara lain untuk "mencapai hasil konkrit dan praktis menuju penghapusan program nuklir dan rezim perdamaian yang lestari melalui pertemuan puncak Korea Utara-AS...," demikian Kim Eui-kyeom, juru bicara kepresidenan dalam pernyataan pada Sabtu.

Korea Selatan juga akan memperluas dialog antar-Korea untuk membantu pertemuan antara Trump dan Kim berhasil, katanya.
 

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR

Topan Super Lekima Akan Hantam China

satu minggu lalu    China Town

SHANGHAI (MM): Badan meteorologi China mengeluarkan peringatan bahaya pada Jumat saat topan super Lekima mendekati Provinsi Zhejiang di

4 minggu lalu   Hukum & Kriminal

Polda Lampung Sita 20 Kilogram Sabu-Sabu

4 minggu lalu   Hukum & Kriminal

KPK Akan Kejar Sjamsul Nursalim

4 minggu lalu   Olagraga

China Pastikan Juara Ganda Campuran

4 minggu lalu   China Town

Badai Tropis di Filipina Berdampak ke Aceh

Copyright © 2014 - 2019 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99