Kamis, 19 Juli 2018
  • Home
  • Politik
  • Pemberontak Maois Filipina Umumkan Genjatan Senjata

Pemberontak Maois Filipina Umumkan Genjatan Senjata

Oleh: marsot
Sabtu, 23 Desember 2017 02:36:00
BAGIKAN:
reuters.
Tentara Filipina.

MANILA (MM):Pemberontak Maois Filipina mengumumkan gencatan senjata dalam menyambut Natal, setelah pemerintah mengumumkan hal serupa, menghentikan permusuhan selama enam hari.

Dalam pernyataan di lamannya, Jorge Madlos alias Ka Oris, juru bicara Tentara Rakyat Baru (NPA), yang berhaluan komunis, mengatakan bahwa gencatan senjata akan berlangsung sejak Sabtu hingga Selasa, ketika kelompok tersebut merayakan ulang tahun ke-49.

"Seluruh satuan NPA dan gerilyawan rakyat akan tetap berada pada kedudukan pertahanan aktif untuk membela masyarakat dan kekuatan revolusioner," kata Madlos, Jumat 22 Desember 2017 dengan menambahkan bahwa sejumlah gerilyawan akan tetap mempertahankan tingkat kewaspadaan dan persiapan tinggi terhadap tindakan siapapun atau gerakan bermusuhan angkatan bersenjata musuh.

Pada Kamis, Departemen Pertahanan Filipina mengumumkan gencatan senjata dengan masa sama untuk memberikan kesempatan warga Filipina merayakan Natal tanpa "beban pikiran".

Baik pemerintah maupun NPA telah mengumumkan gencatan senjata ketika Natal tiba, sejak akhir 1980-an, ketika kedua belah pihak pertama kali sepakat melakukan perundingan damai, yang diperantarai oleh Norwegia. Tradisi terus berlanjut bahkan setelah perundingan terhenti dan saat ini hasil perundingan tersebut sudah dibatalkan oleh Presiden Rodrigo Duterte.

Pemberontak NPA, yang anggotanya diperkirakan berjumlah sekitar 3.000 orang, telah bertempur selama hampir 50 tahun, dalam sebuah kemelut yang telah menewaskan lebih dari 40.000 orang dan menghambat pertumbuhan di daerah yang kaya sumber daya, di negara itu.

Filipina juga menghadapi berbagai pemberontakan dari sejumlah kelompok garis keras di wilayah selatan.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99