Selasa, 25 September 2018
  • Home
  • Politik
  • Pejabat Tiongkok Naikkan Status Kekeran di Wilayah Xinjiang

Pejabat Tiongkok Naikkan Status Kekeran di Wilayah Xinjiang

Jumat, 13 Juni 2014 05:57:00
BAGIKAN:
BEIJING (MM): Satu minoritas yang menolak "kepedulian" Partai Komunis Tiongkok merupakan pihak yang harus dipersalahkan karena menaikkan kekerasan di wilayah Xinjiang di Tiongkok, kata seorang pejabat.

Orang-orang yang ingin memisahkan diri dari kawasan otonomi di bagian barat Tiongkok itu telah dipersalahkan atas gelombang insiden mematikan di seantero negara itu dalam beberapa bulan terakhir, termasuk serangan berdarah di Urumqi, ibu kota Xinjiang, pada Mei yang menewaskan 43 orang.

"Gambar besar keadaan di Xinjiang terkendali dan bagus," kata hi Dagang, wakil ketua pemerintah regional Xinjiang, kepada wartawan dalam jumpa pers di Beijing.

"Orang-orang berpihak kepada partai dan pemerintah karena mereka telah merasakan kepedulian partai dan kehangatan negara, dan mereka yang ekstremis dan berniat memisahkan diri membuat masalah," kata dia.

"Di Xinjiang, hanya sedikit orang yang terlibat kegiatan-kegiatan terorisme." Pada Maret, sekelompok penyerang bersenjata pisau membunuh 29 orang di Stasiun Kerata Api Kunming, di Provinsi Yunnan. Para pejabat menyalahkan kelompok separatis Xinjiang yang melakukan serangan yang dijuluki "9/11 Tiongkok".

Kelompok-kelompok di pengasingan yang mewakili orang-orang Muslim Uighur yang mayoritas penduduk Xinjiang menyatakan tekanan kultural dan langkah-langkah keamanan yang diberlakukan pemerintah Tiongkok merupakan penyebab utama ketegangan di kawasan yang bergejolak itu.

Imigrasi oleh kelompok Han, etnis terbesar Tiongkok, juga mengarah pada diskriminasi berpuluh tahundan ketaksejajaran ekonomi, kata kelompok-kelompok hak asasi manusia.

Namun, Beijing telah mengaitkan serangan-serangan terkait Xinjiang dengan kelompok-kelompok teror di luar negeri, dan mengklaim pemerintah telah membantu memperbaiki standar hidup di kawasan itu dan menerapkan kebijakan-kebijakan untuk mengembangkan ekonominya.

Penguasa telah melakukan penumpasan di Xinjiang, menghukum mati sembilan orang pekan lalu atas dakwaan terkait terorisme.

Informasi tentang kawasan luas itu yang berbatasan dengan Asia Tengah sulit diverifikasi secara independen karena wartawan asing dan setempat mendapat pembatasan ketat jika akan meliput. (afp)
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99