Sabtu, 15 Desember 2018

Parlemen Kamboja Bersidang

Oleh: marsot
Kamis, 09 Agustus 2018 03:50:00
BAGIKAN:
reuters.
Pemilu di Kamboja.

PHNOMPENH (MM): Parlemen Kamboja akan bersidang pada 5 September, kata Perdana Menteri Hun Sen, sesudah partai berkuasanya dinyatakan menang dalam yang penentang katakan pemilihan umum palsu pada bulan lalu karena kekurangan oposisi layak.

Sidang pembukaan parlemen itu akan dipimpin oleh Raja Norodom Sihamoni, kata Hun Sen.

"Raja akan mengundang semua anggota terpilih Majelis Nasional untuk sidang pertama," kata Hun Sen kepada ribuan pekerja pabrik di provinsi Kampong Speu, 50 kilometer baratdaya ibu kota, Phnompenh, pada Rabu 8 Augustus 2018.

Meskipun hasil resmi akan diumumkan pada pertengahan Agustus, Partai Rakyat Kamboja (CPP) Hun Sen mengatakan meraih semua 125 kursi parlemen sesudah pemungutan suara pada 29 Juli itu.

Penentangnya menyatakan gerakan penekanan oleh Hun Sen dan sekutunya dilancarkan sebelum pemungutan suara.

Pemilihan umum itu, yang keenam sejak demokrasi dipulihkan pada 1993, dilakukan sesudah pembubaran oposisi utama Partai Penyelamatan Bangsa Kamboja (CNRP) dan tindakan keras terhadap pegiat, media mandiri dan politisi oposisi.

Pemimpin CNRP Kem Sokha dipenjarakan atas tuduhan makar pada September. Ia masih dalam penahanan pra-sidang.

Pemerintah akan mengadakan sidang pertama kabinet pada 7 September, kata Hun Sen pada Rabu.

Pada Senin, Hun Sen menyatakan ingin memberikan pidato di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada September untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Kamboja tidak membutuhkan persetujuan pihak luar.

Hun Sen terakhir memberikan pidato di Majelis Umum itu pada September 2015, saat meminta negara maju memenuhi janji bantuan mereka.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99