Senin, 20 Mei 2019
  • Home
  • Politik
  • Korea Utara Tak Mau Bongkar Fasilitas Nuklir

Korea Utara Tak Mau Bongkar Fasilitas Nuklir

Oleh: alex
Sabtu, 02 Maret 2019 04:55:00
BAGIKAN:
reuters.
Rudal Korea Utara.

MANILA (MM): Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo pada Jumat mengatakan bahwa Korea Utara meminta pencabutan sanksi sepenuhnya dalam pertemuan puncak di Hanoi tetapi tidak bisa menjelaskan dengan gamblang apa yang dilakukan sebagai persiapan atas anjuran untuk membongkar fasilitas nuklir Yongbyon.

"Mereka sangat meluap-luap untuk mematuhi apa yang mereka sebut sebagai persiapan melakukan sesuatu di Yongbyon tetapi belum terlalu jelas periapan yang ditawarkan," kata Pompeo dalam jumpa pers ketika singgah sesaat di Manila.

Dia mengatakan, Amerika Serikat "risau untuk kembali ke meja untuk melanjutkan perundingan." Pompeo mengatakan Korea Utara "pada dasarnya meminta pemulihan sanksi." Pertemuan puncak yang kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dinilai gagal pada Kamis mengenai masalah sanksi, dan kedua pihak memberikan laporan yang bertentangan mengenai apa yang terjadi.

Trump mengatakan bahwa Kim meminta pencabutan sanksi secara "keseluruhan", namun Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong Ho kemudian mengatakan bahwa Korut hanya mengajukan sebagian pencabutan sanksi.

Ri mengatakan usul yang masuk akal telah dibuat agar kedua belah negara merencanakan pembongkaran situr utama nuklir di Yongbyon.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2019 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99