Jumat, 22 September 2017
  • Home
  • Politik
  • Jepang, Korea Selatan Desak China Tekan Rezim Korea Utara

Jepang, Korea Selatan Desak China Tekan Rezim Korea Utara

Oleh: Marsot
Sabtu, 08 Juli 2017 04:33:00
BAGIKAN:
telegraph.
Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara.

HAMBURG (MM): Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan sepakat  mendorong China agar berperan lebih besar dalam mengekang ambisi nuklir Korea Utara, seorang pejabat Jepang mengatakan menjelang pertemuan puncak kumpulan 20 ekonomi maju.

Peluncuran peluru kendali balistik antar benua berhulu ledak nuklir oleh Korea Utara pada minggu ini, secara dramatis meningkatkan taruhan dalam perjuangan yang berlangsung lama untuk menahan program senjata nuklir negara tertutup itu.

"Korea Utara saat ini merupakan ancaman baru bagi Jepang dan telah melakukan hasutan yang jelas bagi Jepang dan juga untuk masyarakat internasional," kata Norio Maruyama, juru bicara kementerian luar negeri Jepang setelah bertemu dengan tiga pemimpin negara tersebut, Kamis 7 Juli 2017.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden AS Donald Trump dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In menyetujui hal tersebut ketika melakukan pertemuan untuk bekerja sama mendorong China "berperan lebih besar" dalam mengekang tetangga selatannya itu.

"Kami melakukan percakapan yang sangat jelas tentang masalah ini dan peran dari China sangatlah penting," kata Maruyama dalam pertemuan selama 75 menit tersebut.

Ia menambahkan bahwa Jepang memantau perusahaan China secara ketat, yang dicurigai memiliki hubungan dengan program pengembangan senjata Korea Utara.

"Pemerintah Jepang telah memantau pergerakan perusahaan China yang memiliki ikatan mendalam dengan Korea Utara dan menanggapinya dengan memaksakan pembekuan aset," tambahnya.

Ketika ditanya apakah ada tindakan militer yang dibahas dalam pertemuan tersebut, dia mengatakan bahwa: "Tidak ada diskusi tentang tindakan khusus lainnya yang akan kami lakukan," jawabnya.
 

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2017 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.