Jumat, 16 November 2018

China Dukung Pakistan

Oleh: alex
Sabtu, 03 November 2018 04:17:00
BAGIKAN:
reuters.
Xi Jinping, Presiden China.

BEIJING (MM): China berjanji mendukung ekonomi Pakistan, ketika Perdana Menteri Pakistan Imran Khan memberitahu tentang keadaan ekonomi "sangat sulit" dialami negaranya di tengah krisis finansial.

Cadangan devisa luar negeri Pakistan turun 42 persen sejak awal tahun ini dan sekarang senilai 8 miliar dolar, atau kurang daripada dua bulan untuk menutup impor.

Pada bulan lalu, Pakistan menerima paket bantuan senilai 6 miliar dolar dari Arab Saudi, tetapi pejabat mengatakan dana sebesar itu belum cukup dan negara itu masih berencana mencari dana talangan dari Dana Moneter Internasional (IMF) untuk menghindari krisis neraca pembayaran.

Itu akan menjadi paket pertolongan ke-13 Pakistan dari peminjam multilateral sejak akhir 1980-an.

Khan, yang bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Balairung Rakyat di Beijing, mengatakan dia datang ke China untuk belajar.

"Partai saya baru saja berkuasa selama dua bulan. Sayangnya kami telah mewarisi situasi ekonomi yang sangat sulit," kata Khan, Jumat 2 Oktober 2018.

"Negara-negara mengalami siklus naik-turun. Mereka memiliki angka tinggi, mereka memiliki angka rendah. Sayangnya negara kami mengalami titik rendah saat ini dengan dua defisit sangat besar, defisit fiskal dan defisit transaksi berjalan. Dan begitu juga kami, seperti yang saya katakan, datang untuk belajar," katanya.

Xi mengatakan kepada Khan bahwa ia sangat menilai tinggi hubungan kedua negara itu, menegaskan kembali keduanya bersahabat "dalam situasi apapun".

"Saya sangat mementingkan hubungan China-Pakistan dan bekerja bersama dengan perdana menteri memperkuat kemitraan China-Pakistan dalam situasi apapun dan membangun era baru takdir China-Pakistan," kata Xi.

Baik Xi maupun Khan tidak menyebut bantuan ekonomi dalam komentar-komentar yang dibuat di depan wartawan.

Namun, diplomat tinggi pemerintahan China, Wang Yi, mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi dalam pertemuan terpisah bahwa China tidak akan membiarkan Pakistan turun.

"Pihak China akan terus menyediakan dukungan dan bantuan yang terbaik sesuai kemampuan bagi ekonomi Pakistan dan pembangunan sosial dan konstruksi nasional," kata Kementrian Luar Negeri China mengutip Wang, tanpa memberikan rincian.

Khan akan bertemu dengan PM China Li Keqiang pada Sabtu, ketika kedua negara dijadwalkan menandatangani serangkaian perjanjian.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99