Selasa, 25 September 2018
  • Home
  • Politik
  • Angkatan Laut China Berlatih di Laut China Selatan

Angkatan Laut China Berlatih di Laut China Selatan

Oleh: Jallus
Sabtu, 24 Maret 2018 07:23:00
BAGIKAN:
reuters.
Angkatan laut China.

BEIJING (MM): Angkatan Laut China akan mengadakan latihan tempur di Laut China Selatan, demikian surat kabar resmi militer pada Jumat, melukiskan langkah tersebut sebagai bagian dari latihan tahunan yang dilakukan reguler.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pekan ini, pihaknya telah membayangi sebuah kelompok kapal induk pesawat milik China melintasi Selat Taiwan yang bergerak ke arah Laut China Selatan. Taiwan menyebut kelompok itu untuk mengadakan latihan.

Dalam laporan singkatnya di akun WeChat, harian Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan latihan tempur itu akan berlangsung singkat, kendati tak memeberikan rincian waktu, lokasi atau kapal-kapal apa yang akan ikut serta.

"Ini sudah jadi kagiatan rutin tahunan bagi angkatan laut, tujuannya ialah menguji dan memperbaiki level pelatihan militer dan sepenuhnya menaikkan kemampuan untuk menang. Ini tidak bertujuan pada negara spesifik atau sasaran tertentu," demikian harian itu, tanpa memberikan rincian.

Angkatan Laut dan Angkatan Udara China secara berkala melakukan latihan di Laut China Selatan, tempat pemerintah membangun pulau-pulau buatan dan lapangan terbang serta fasilitas lainnya, membuat kekhawatiran di kawasan.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, rute perdagangan kunci dan diyakini menyimpan gas alam dan minyak dalam jumlah besar. Selain China, beberapa bagian Laut China Selatan juga diklaim milik Brunei, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan.

China menolak kritik yang diarahkan kepada aktivitasnya di Laut China Selatan, dengan menyatakan bahwa kawasan itu merupakan teritori China yang negara itu dapat berbuat sesukanya.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99