Kamis, 21 Maret 2019

Tim Jaksa Panggil Saksi dari Ditjen Pajak

Oleh: marsot
Rabu, 27 Februari 2019 05:50:00
BAGIKAN:
istimewa.
Sidang.

AMBON (MM): Tim jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi menghadirkan empat saksi dari Ditjen Pajak Kementerian Keuangan untuk tersangka kasus dugaan suap terkait kewajiban pajak wajib pajak orang pribadi atas nama La Masikamba.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Ambon, Pasti Tarigan membuka persidangan di Ambon,  dengan mendengarkan keterangan saksi Dirjen Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak, Angin Prayitno Aji.

Selain itu, jaksa KPK juga menghadirkan saksi lainnya atas nama Dede Suhada, Udasman Wicaksana, serta Lutfi Agus feizal guna memberikan kesaksian dalam persidangan.

Saksi Angin Prayitno menjelaskan, ada 13 wajib pajak di wilayah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon yang dikepalai terdakwa La Masikamba yang dinilai mencurigakan setelah dilakukan analisa kepatuhan.

"Artinya 13 WP ini tidak patuh dalam memenuhi kewajiban mereka membayar pajak sehingga Ditjen Pajak mengeluarkan surat," katanya menjawab pertanyaan majelis hakim.

Perbuatan terdakwa juga dinilai telah melanggar kode etik karena diduga telah menerima imbalan uang dari para wajib pajak, apalagi yang berwewenang memeriksa WP adalah terdakwa selaku kepala KPP Pratama Ambon.

"Terdakwa menerima imbalan namun nominal uangnya saya tidak tahu, kemudian kalau sesuai aturannya yang bersangkutan tidak bisa menemui WP dan juga tidak boleh melakukan intervensi," jelas saksi, Selasa 26 Februari 2019.

Saksi juga mengakui proses pemeriksaan terhadap 13 WP yang diduga tidak patuh oleh KPP Pratama Ambon belum tuntas karena KPK telah melakukan operasi tangkap tangan terhadap Direktur CV Anging Timur, Anthony Liando dan terdakwa Sulimin Ratmin selaku supervisor pajak.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2019 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99