Sabtu, 15 Desember 2018

Rekanan Provinsi Jambi Bantah Beri Mobil Mewah kepada Zumi Zola

Oleh: Jallus
Selasa, 09 Oktober 2018 03:58:00
BAGIKAN:
istimewa.
Toyota Alphard.

JAKARTA (MM): Kontraktor rekanan Pemerintah Provinsi Jambi Joe Fandy Yoesman alias Asiang membantah memberikan mobil Toyota Alphard kepada Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola.

"Saya tidak pernah memberi, saya ditelepon teman saya untuk meminjamkan mobil," kata Asiang, saat menjadi saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin 8 Oktober 2018.

Asiang bersaksi untuk Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola Zulkifli yang didakwa menerima gratifikasi Rp40,477 miliar, ditambah 177,3 ribu dolar AS (sekitar Rp2,594 miliar) serta 100 ribu dolar Singapura (sekitar Rp1,067 miliar), sehingga total mencapai Rp44,138 miliar dan mobil Alphard serta menyuap anggota DPRD Jambi senilai Rp16,49 miliar.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyebutkan bahwa Zumi Zola sekitar akhir bulan Agustus 2017 bertempat di parkiran Darmawangsa Square Jakarta melalui orang dekatnya Asrul Pandapotan Sihotang dan Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Jambi di Jakarta Amidy menerima pemberian dari Asiang berupa 1 unit mobil Toyota Alphard Nomor Polisi D 1043 VBM yang dibeli dari diler Wijaya Toyota di Bandung. Asrul kemudian bertempat di Kemang Village memberikan mobil tersebut kepada Zumi melalui Mail selaku sopir pribadi Zumi.

Kepala Dinas Perhubungan Jambi Varial Adhi Putra yang menjadi saksi dalam sidang tersebut mengatakan bahwa ia menerima telepon mengenai permintaan untuk mencari mobil Alphard.

"Pada malam hari saya ditelepon Pak Amidy, katanya bisa pinjamkan mobil tidak ke Asiang. Saya jawab nanti saya telepon Asiang, saya pinjam ke Asiang, tapi dia bilang tidak bisa, mobilnya dipakai, di Jakarta saya tidak ada kenal orang," kata Varial.

"Saya katakan nanti saya cari (mobil Alphardnya), saya ada kerja sama dengan teman saya. Saya cek mobilnya 'ready'," ungkap Asiang.

Dua pekan kemudian, Varial lalu memperkenalkan Asiang kepada Asrul dan Amidy.

"Dalam BAP disebutkan pada pertemuan itu Amidy memperkenalkan Asiang kepada Asrul. Setelah pertmuan disepakati Asiang akan membeli Alphard baru untuk Gubernur namun menunggu info dari Gubernur untuk tipenya, bagaimana keterangan ini," tanya JPU KPK.

"Saya dapat cerita itu dari Amidy. Asiang mau memberikan kendaraan katanya, mobilnya Alphard tapi Amidy mengatakan menunggu informasi tipe dan warnanya," jawab Varial.

Sekitar 1-2 minggu kemudian, Asiang lalu mengirimkan brosur yang diteruskan kapada Amidy.

"Jenis brosur mobil Alphard. Pak Asiang mengatakan tolong antar mobil ini. Begitu saya datang, lalu diantarkan oleh sopir Asiang. Saya lalu serahkan ke Amidi, saya serahkan kunci," katanya

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99