Senin, 19 Agustus 2019

Meng Wanzhou Ditangkap karena Permintaan Amerika Serikat

Oleh: alex
Selasa, 29 Januari 2019 04:40:00
BAGIKAN:
reuters.
Meng Wanzhou, petinggi Huawei.

BEIJING (MM): Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa pemecatan duta besar Kanada untuk China oleh Perdana Menteri Justin Trudeau adalah masalah dalam negeri Kanada.

Pemecatan John McCallum sebagai duta besar terjadi setelah komentarnya mengenai sebuah kasus ekstradisi terkenal memicu kehebohan.

McCallum telah mempermalukan pemerintahan Trudeau dengan mengatakan Kepala Keuangan Huawei Technologies Co Ltd Meng Wanzhou bisa membuat argumen kuat yang menentang esktradisinya ke Amerika Serikat (AS).

Meng, putri pendiri Huawei, ditangkap di Vancouver bulan lalu atas permintaan otoritas AS terkait dugaan melanggar sanksi AS terhadap Iran.

China lalu menangkap dua warga Kanada atas alasan keamanan nasional. Pengadilan negara itu kemudian menyidangkan kembali seorang warga Kanada yang telah dipenjara atas penyelundupan narkoba dan menjatuhkan vonis mati terhadapnya.

"Masalah yang Anda sebut adalah urusan dalam negeri Kanada. China tidak akan memberikan komentar," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang saat pengarahan harian kepada media di Beijing, Senin 28 Januari 2019.

Geng menegaskan kembali seruan China agar Kanada "mengambil pilihan yang tepat" dan membebaskan Meng agar dia bisa kembali ke China. Meng telah mendapat jaminan bebas 10 hari setelah dia ditangkap.

Harian pemeritah China Daily dalam editorial Senin, yang mengulas pemecatan McCallum, mengatakan pihak-pihak yang menyerang McCallum "seharusnya merasa malu pada diri sendiri." "Pemecatan yang dilakukan Trudeau terhadap duta besar itu menunjukkan betapa sensitifnya Ottawa dalam dilema yang membuatnya tunduk pada AS," tulis surat kabar berbahasa Inggris itu.

"Solusi terbaik bagi Ottawa untuk keluar dengan kredibilitas dari kekacauan yang dibuatnya adalah mengakui kesalahan penilaian dan membebaskan Meng," kata surat kabar itu.

"Semoga Ottawa akan mengambil keputusan yang bijak, pilihan yang didasarkan pada alasan dan keadilan, dan bukan perhitungan politik mengenai hal terbaik apa yang akan negara itu dapatkan dari tetangganya di selatan." McCallum menyampaikan komentarnya mengenai Meng ke media berbahasa China, yang disiarkan pada Rabu pekan lalu.

Dalam sebuah klip yang diperlihatkan Canadian Broadcasting Corp, McCallum mengatakan Meng memiliki "argumen yang kuat di pihaknya" dan ekstradisinya ke AS "tidak akan menjadi akhir yang menyenangkan."

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR

Topan Super Lekima Akan Hantam China

satu minggu lalu    China Town

SHANGHAI (MM): Badan meteorologi China mengeluarkan peringatan bahaya pada Jumat saat topan super Lekima mendekati Provinsi Zhejiang di

4 minggu lalu   Hukum & Kriminal

Polda Lampung Sita 20 Kilogram Sabu-Sabu

4 minggu lalu   Hukum & Kriminal

KPK Akan Kejar Sjamsul Nursalim

4 minggu lalu   Olagraga

China Pastikan Juara Ganda Campuran

4 minggu lalu   China Town

Badai Tropis di Filipina Berdampak ke Aceh

Copyright © 2014 - 2019 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99