Minggu, 20 Oktober 2019

Malaysia Bebaskan Perempuan Vietnam

Oleh: alex
Minggu, 14 April 2019 06:17:00
BAGIKAN:
reuters.
Doan Thi Huong.

KUALA LUMUR (MM): Seorang perempuan Vietnam yang dituduh membunuh saudara tiri pemimpin Korea Utara akan dibebaskan dari penjara Malaysia pada 3 Mei, kata pengacaranya, sehari lebih cepat daripada yang diperkirakan.

Doan Thi Huong, 30 tahun, didakwa bersama dengan seorang perempuan Indonesia meracuni Kim Jong Nam dengan mengolesi wajahnya menggunakan senjata kimia yang dilarang di bandar udara Kuala Lumpur pada Februari tahun 2017.

Para jaksa Malaysia membatalkan dakwaan pembunuhan terhadap Huong awal bulan ini, setelah ia mengaku bersalah atas tuduhan alternatif yang menyebabkan kerugian.

Ia dijatuhi hukuman penjara lebih tiga tahun, tetapi kemudian dikurangi karena hukum Malaysia dapat mengizinkan sepertiga remisi dari hukuman penjara.

Huong, yang diperkirakan dibebaskan pada 4 Mei, akan menghirup udara bebas sehari lebih awal daripada waktu pembebasannya karena tanggal itu jatuh pada akhir pekan, kata pengacaranya, Salim Bashir.

"Kami diberitahu pihak penjara bahwa ia akan dibebaskan pada 3 Mei, dan sepertinya ia akan diterbangkan ke Hanoi pada tanggal yang sama," katanya ketika dihubungi.

Siti Aisyah, yang juga didakwa terlibat bersama Houng, dibebaskan pada Maret, setelah para jaksa juga membatalkan dakwaan pembunuhan terhadapnya.

Para pejabat Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan rezim Korea Utara telah memerintahkan pembunuhan Kim Jong Nam, yang sering mengeritik kekuasaan dinasti keluarganya. Pyongyang membantah tuduhan tersebut.

Para pengacara menyatakan kedua wanita tersebut adalah bidak dalam pembunuhan yang didalangi para agen mata-mata Korea Utara. Kedua perempuan itu mengira bahwa mereka bagian dari adegan "reality show" dan tidak mengetahui mereka meracuni Kim.

Empat pria Korea Utara juga didakwa, tetapi mereka sudah meninggalkan Malaysia beberapa jam setelah pembunuhan itu dan masih buron.
 

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR

Badai Hantam Jepang

7 hari lalu    China Town

TOKYO (MM): Ratusan ribu warga di Jepang diimbau mengungsi lantaran kekhawatiran terjadinya banjir saat badai kencang diperkirakan menda

satu minggu lalu   Politik

Xi Jinping ke India

satu minggu lalu   Hiburan

Pameran Lukisan di Rumah Sakit Jiwa

satu minggu lalu   China Town

Jalan Layang di China Runtuh, 3 Tewas

satu minggu lalu   Hukum & Kriminal

Penusukan Wiranto, Membuat Demokrasi Rusak

Copyright © 2014 - 2019 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99