Selasa, 25 September 2018

Kurir Sabu-Sabu Dituntut 10 Tahun Penjara

Oleh: alex
Jumat, 06 April 2018 04:17:00
BAGIKAN:
istimewa.
Sabu-sabu.

DENPASAR (MM): Ida Bagus Nyoman Sutama (36), seorang kurir yang ditangkap petugas saat mengambil tempelan 25 paket sabu-sabu, dituntut sepuluh tahun penjara dan denda Rp2 miliar subsider tiga bulan kurungan penjara oleh jaksa penuntut umum.

"Terdakwa tanpa hak dan melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotika golongan satu bukan tanaman melebihi lima gram," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) G.A Surya Yunita dalam sidang di Pengadilan Negeri Denpasar, Kamis 5 April 2018.

Dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Wayan Sukanila itu, JPU menilai perbuatan terdakwa telah melanggar Pasal 112 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika sesuai dakwaan kedua dalam sidang sebelumnya.

Hal yang memberatkan tuntutan terdakwa, karena bertentangan dengan program pemerintah dalam memerangi dan memberantas narkoba di masyarakat. Yang meringankan perbuatan terdakwa bersikap sopan dalam persidangan, berterus terang dalam persidangan, terdakwa juga menjadi tulang punggung bagi keluarganya dan merasa bersalah dan menyesali perbuatannya.

Mendengar tuntutan JPU yang cukup tinggi itu, terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya dari PBH Pos Bantuan Hukum Peradi, Desi Purnani akan mengajukan pembelaan atau pledoi pada sidang pekan depan.

"Kami melakuka upaya pembelaan terkait tuntutan hakim dalam sidang kali ini," ujar penasehat hukum terdakwa usai persidangan.

Perbuatan terdakwa terungkap bahwa pada 22 November 2017, Pukul 12.30 Wita ditelepon oleh rekannya bernama Jro Giri (DPO) yang menyuruh terdakwa mengambil tempelan narkoba di Desa Bunutin, Kabupaten Bangli.

Agar aksinya tidak diketahui polisi, terdakwa diperintahkan Jro Giri membawa satu mobil Toyota Avansa dengan nomor polisi DK-1653-AT ke Jalan Imam Bonjol, Denpasar untuk mengambil barang haram itu.

Setelah berhasil mengambil tempelan narkoba itu, terdakwa meletakkan sabu-sabu itu di bawah karpet pijakan kaki sebelah kanan di dalam mobil tersebut. Kemudian, terdakwa diminta rekannya Jro Giri untuk membawa barang itu ke Denpasar.

Singkat cerita, saat terdakwa yang baru tiba di Gang Citra Production Nomor 7, Desa Abiantimbul, Jalan Imam Bonjol, Denpasar, Bali, lagsung ditangkap petugas kepolisian dan langsung dilakukan penggeledahan terhadap terdakwa, namun tidak ditemukan barang bukti.

Kemudian, petugas baru mendapati 25 paket sabu-sabu dengan berat total 13,06 gram bruto yang tersimpan di bawah karpet pijakan kaki sebelah kanan di dalam mobil tersebut. Kemudian, terdakwa dan barang bukti dibawa petugas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kepada petugas, terdakwa mengaku telah lima kali diperintahkan Jro Giri untuk mengambil tempelan tersebut dan setiap kali berhasil mengambil tempelan itu, terdakwa diberikan imbalan rata-rata sebesar Rp500 ribu hingga Rp700 ribu per satu kali tempel.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99