Rabu, 17 Oktober 2018

Agen Rahasia Rusia Ditangkap di Washington

Oleh: Jallus
Rabu, 18 Juli 2018 03:01:00
BAGIKAN:
reuters.
Agen rahasia rusia.

WASHINGTON (MM): Seorang wanita Rusia telah ditangkap dan didakwa berkomplot dengan bertindak sebagai agen dari pemerintah Rusia sementara membangun hubungan dengan warga negara Amerika dan menyusup ke kelompok-kelompok politik, kata Departemen Kehakiman AS.

Maria Butina, yang berusia 29 tahun dan tinggal di Washington, D.C., belajar di Universitas Amerika di Washington dan seorang pendiri kelompok advokasi Rusia pro senjata "Right to Bear Arms", ditangkap pada Ahad dan dituduh beroperasi atas arahan seorang pejabat yang levelnya tinggi yang bekerja untuk Bank Sentral Rusia dan baru-baru ini dikenai sanksi oleh Kantor Kendali Aset Asing, Perbendaharaan AS, kata Departemen Kehakiman.

Catatan pengadilan tidak menyebutkan nama pejabat tersebut.

Foto-foto Butina telah tampak di halaman Facebook-nya dengan Alexander Torshin, wakil kepala Bank Sentral Rusia yang dikenai sanksi oleh Departemen Perbendaharaan AS pada April. Seseorang yang dekat dengan hal itu mengatakan kepada Reuters bahwa Butina bekerja untuk dia sebagai asisten.

Media lain melaporkan hubungan bisnis antara Butina dan Torshin.

Torshin tidak menjawab permintaan untuk memberi komentar. Bank Sentral Rusia menolak berkomentar.

Robert Driscoll, seorang penasehat hukum bagi Butina, mengatakan ia bukan seorang agen Rusia. Dia mengatakan Butina bekerja sama dengan pihak berwenang AS dan sebelumnya tampak secara sukarelawan berada di belakang pertemuan tertutup selama delapan jam sebelum Komite Seleksi Senat AS mengenai Intelejen. Apartemennya digeledah FBI pada April, katanya.

"Nona Butina berniat membela hak-haknya dan ingin sekali membersihkan namanya," kata Driscoll.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99