Selasa, 19 Juni 2018

Pempimpin Korea Utara Tonton Konser K-pop

Oleh: Jallus
Selasa, 03 April 2018 06:05:00
BAGIKAN:
reuters.
Korean Pop.

SEOUL (MM): Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju, termasuk di antara ratusan orang di Pyongyang pada Minggu menyaksikan penyanyi Korea Selatan "K-pop" tampil pertama kalinya dalam lebih dari satu dasawarsa, saat ketegangan mencair.

Itu pertama kali pemimpin Korut menghadiri pertunjukan penampil asal Korsel di ibu kota Korut. Kim terlihat bertepuk tangan untuk beberapa lagu dan berfoto dengan para penampil setelah pertunjukan.

"Rekan pemimpin kami yang terhormat mengatakan hatinya berkembang dan dia tergerak oleh pandangan orang memperdalam pemahaman tentang budaya populer Korsel dan bersorak dengan tulus," kata media negara KCNA Korut.

Penonton bertepuk tangan, bersorak, bernyanyi bersama untuk beberapa lagu dan kemudian memberi para artis Korsel karangan bunga.

"Kim Jong-un menunjukkan minat besar selama pertunjukan dan bertanya tentang lagu dan liriknya," demikian Menteri Kebudayaan Do Jong-whan kepada wartawan setelah pertunjukan.

Pertunjukan pada Minggu bertepatan dengan dimulainya latihan militer gabungan Korsel-AS, yang sebelumnya telah dipenuhi dengan kecaman dan peluncuran misil oleh Korut, serta tertunda dan diperpendek tahun ini agar tidak memperkeruh pengurangan ketegangan pada Olimpiade.

Pencairan hubungan baru-baru ini, yang bahkan dapat mengarah ke pertemuan puncak antara Presiden Kim dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Mei, menyusul bulan-bulan peningkatan ketegangan setelah Korut melakukan peluncuran misil dan uji coba nuklir tahun lalu, yang menentang sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Konser pada Minggu diadakan dengan judul "Spring is Coming" di Pyongyang Timur, yang dilakukan oleh barisan elit artis Korsel yakni penyanyi veteran Cho Yong-pil, Lee Sun-hee, bintang "rock" Yoon Do-hyun dan penyanyi Baek Ji-young, serta band grup "K-pop" wanita "Red Velvet." Seperti judul konsernya, pertunjukan itu telah membawa "musim semi perdamaian" bagi kedua Korea, demikian Kim juga mengatakan sebagaimana dikutip kantor berita pusat Korea Utara, dan menyatakan harapan untuk "musim gugur yang beruntung." Wajah pemimpin Korut sedikit memerah dalam foto bersama dengan para penampil yang didistribusikan oleh media negara Korut. Dia terlihat di foto lain secara langsung berbicara dengan anggota "Red Velvet," yang memiliki lebih dari 4,6 juta pengikut di Instagram.

Petugas Korut terlihat di luar ruang ganti penampil menggunakan perangkat elektronik buatan Jepang untuk menyajikan kopi dan kue mangkuk, termasuk produk Barat, yakni "Lavazza" dan "Coffee-mate", kata kumpulan laporan media Korsel.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99