Senin, 26 Februari 2018

Imlek dan Pentas Seni di NTT

Senin, 30 Januari 2017 05:37:00
BAGIKAN:
ist
Barongsai.

KUPANG (MM): Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Nusa Tenggara Timur menyemarakkan Tahun Baru Imlek 2568/2017 dengan bakti sosial, pentas seni, dan atraksi barongsai di Kupang.

Kegiatan seperti ini, khususnya pentas seni, sudah tiga tahun berturut-turut, kata Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PSMTI NTT, Don Putra Gotama di Kupang, Minggu 29 Januari 2017.

Pentas seni IMlek 2568 akan dilaksanakan 15 Februari di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT Jalan El Tari Kupang.

"Selain tarian dari Tiongkok, akan ditampilkan juga tarian khas budaya NTT. Kegiatan tersebut atas kerja sama PSMTI, Pemprov NTT dan Konjen Tiongkok di Bali," katanya.

Sebelum itu, kata dia akan didahului dengan bakti sosial dan bazar untuk sesama etnis yang membutuhkan.

"Karena PSMTI ini memang murni organisasi sosial. Jadi kami sering melaksanakan bakti sosial dengan memberikan angpao kepada saudara-saudara etnis Tionghoa yang belum beruntung," katanya.

Bakti sosial dimaksud adalah pengobatan gratis dan juga pemberian bantuan bingkisan berupa paket sembako.

"Selain itu, perayaan Tahun Baru Imlek juga merupakan kesempatan yang tepat, hususnya etnis Tionghoa untuk berbenah dan meningkatkan kepedulian sosial, meningkatkan relasi pribadi dengan seama dan etnis lain," katanya.

Ia mengatakan sesuai agenda kegiatan itu direncanakan tanggal 15 Fberuari karena berkaitan dengan perayaan Cap Go Meh atau perayaan 15 hari setelah hari Imlek.

"Cap Go Meh dihitung sejak tanggal hari H Imlek menuju 15 hari. Menurut kalender Tiongkok, Imlek dihitung sejak hari pertama hingga hari ke-15," katanya.

Menurut dia, Cap Go Meh dirayakan untuk menandakan bahwa Imlek telah selesai.(ant)

BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99