Rabu, 13 Desember 2017
  • Home
  • Gaya Hidup
  • Universitas Mercu Buana Kerja Sama dengan Universitas Kyung Hee

Universitas Mercu Buana Kerja Sama dengan Universitas Kyung Hee

Oleh: marsot
Jumat, 08 Desember 2017 05:03:00
BAGIKAN:
istimewa.
Mahasiswa di Korea Selatan.

JAKARTA (MM): Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta dan Universitas Kyung Hee, Korea Selatan menandatangani dokumen kerja sama kemitraan strategis guna mewujudkan gagasan menghasilkan penelitian internasional yang dapat memenangkan penghargan Nobel.

Penandatanganan itu dilakukan di sela-sela kompetisi ilmiah internasional, Seoul International Invention Fair (SIIF) 2017 pada 30 November-3 Desember di Seoul, Korea Selatan.

Pernyataan tertulis Kepala Program Studi Pasca Sarjana Teknik Mesin Universitas Mercu Buana, Sagir Alva yang diterima di Jakarta,  menyebutkan bahwa dokumen kerja sama tersebut ditandatangani oleh Kepala Pusat Kerjasama Internasional dan Innovasi UMB, Prof(em). Darwin Sebayang dan Profesor Rhee dari Universitas Kyung Hee.

"Salah satu kesepakatan yang tertuang dalam dokumen kemitraan strategis tersebut menyebutkan bahwa Rhee akan menyediakan dana penelitian pasca doktoral bagi dosen UMB, Dianta Ginting serta mengirim dia ke universitas terkemuka di Jepang," ujarnya, Kamis 7 Desember 2017.

Dianta Ginting telah menamatkan pendidikan doktoral di Universitas Kyung Hee dan berhasil mempublikasikan artikel ilmiahnya dengan 'impact factor' 20 dan kini dalam proses peninjauan untuk 'impact factor' 15. Dengan demikian, total 'impact factor' dari jurnal ilmiah Dianta bisa mencapai 35-40.

Impact factor adalah salah satu cara untuk mengevaluasi kualitas jurnal ilmiah yang dilakukan oleh ISI Journal Citation Reports (JCR). Impact factor merupakan ukuran seberapa seringnya artikel pada sebuah jurnal ilmiah telah disitasi pada tahun tertentu.

Sementara itu, Rektor UMB, Arissetyanto Nugroho menjelaskan bahwa guna meningkatkan publikasi ilmiah internasional, UMB menyediakan dana penelitian internasional bekerja sama dengan beberapa universitas di luar negeri.

UMB akan meluncurkan program kerja sama internasional di bidang penelitian internasional pada 16 Desember 2017 antara lain dengan Universitas Kyung Hee dan Universitas Chungbuk dari Korea Selatan, Universitas de Haute Alsace dari Prancis, serta UiTM-Malaysia dan UTP-Malaysia.

Para peneliti dan dosen UMB yang terlibat dengan program ini adalah Kontan Tarigan yang akan bermitra dengan Universitas Kyung Hee dan Universitas Chungbuk, Abdusy Syarif dengan Universitas de Haute Alsace, Prancis, Wiwik dengan UiTM-Malaysia dan Sagir Alva dengan UTP Malaysia.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2017 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99