Selasa, 16 Januari 2018
  • Home
  • Gaya Hidup
  • Universitas Kristen Petra Dirikan Kelas Pembelajakaran Korea

Universitas Kristen Petra Dirikan Kelas Pembelajakaran Korea

Oleh: alex
Rabu, 13 Desember 2017 05:38:00
BAGIKAN:
reuters.
Korea.

SURABAYA (MM): Universitas Kristen Petra Surabaya mendirikan sebuah kelas pembelajaran Korea yang memungkinkan dosen memberikan kuliah jarak jauh namun masih dapat berinteraksi satu sama lain yang dinamakan e-Korean Class.

Rektor UK Petra Surabaya, Rolly Intan usai uji coba kelas Korea di kampus setempat, Selasa mengatakan adanya kelas itu merupakan hibah dari Pemerintah Korea Selatan yang dikoordinir oleh Korea Association of Network Industries (KANI).

"Fasilitas dalam kelas ini sangat lengkap misalnya akan ada papan tulis elektronik yang memungkinkan mahasiswa saling berinteraksi melalui papan tulis elektronik yang menggunakan pena digital dan memungkinkan menggunakan video dengan akses internet kecepatan tinggi sebesar 60 Mbps," kata Rolly, Selasa 12 Desember 2017.

Saat berinteraksi, akses internet juga tidak campur dengan "traffic" internet pada umumnya sehingga aksesnya jadi lebih cepat meski berbeda lokasi bahkan berbeda negara.

Rolly menjelaskan, cara kerja yang jaringan yang digunakan adalah "Trans Eurasia Information Network" (TEIN) yang mana mempertemukan akses internet di masing-masing negara yaitu Korea Advanced Research Network (KOREN) dan "Indonesian Research Education Network" (idREN).

"Sebelum didirikan e-Korean Class ini, KANI terlebih dahulu menyatakan ingin bekerja sama dengan kami. Mereka ingin menyebarkan kemampuan bahasa Korea dan budaya Korea," kata dia.

Kemampuan berbicara bahasa asing, terutama Korea, sangat penting bagi mahasiswa. Pasalnya saat ini merupakan era global dan mahasiswa harus mampu mengikuti hal tersebut.

UK Petra merupakan kampus ketiga di Indonesia yang membuka e-Korean Class. Kelas ini nantinya, tak hanya dibuka untuk mahasiswa UK Petra, namun dibuka untuk umum.

"Siapa saja yang belajar bahasa Korea bisa ke Petra dengan biaya murah," ujarnya.

General Director KANI Choi Ji Woo mengatakan dipilihnya UK Petra karena memiliki idREN yang bagus. Selain itu, proyek ini kerja sama merupakan tindak lanjut dengan Dongseo University.

Dalam e-Korean Class UK Petra itu terdapat 20 unit komputer, webcam, digital pen, papan tulis elektronik, sebuah televisi 50 inch, LCD, "speaker" dan "laptop".

Selain itu ada wifi backhaul (network equipment) untuk memudahkan sistem komunikasi pengajaran yang bersamaan antara UK Petra, Korea dan SMA Petra 4 Sidoarjo yang berada di tower kampus UK Petra Surabaya.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99