Selasa, 16 Januari 2018
  • Home
  • Gaya Hidup
  • Penganut Katolik Filipina Selenggarakan Nazarene Hitam

Penganut Katolik Filipina Selenggarakan Nazarene Hitam

Oleh: alex
Rabu, 10 Januari 2018 05:09:00
BAGIKAN:
reuters.
Rodrigo Duterte, Presiden Filipina.

MANILA (MM): Ratusan ribu penganut Katolik di Filipina, banyak di antara mereka bertelanjang kaki, bergabung dalam arak-arakan riuh pada Selasa, yang menampilkan patung hitam Yesus Kristus, salah satu acara tahunan terbesar, yang didominasi umat Katolik Roma.

Umat Katolik tersebut berkumpul di pusat kota Manila untuk mengikuti kereta pengangkut patung "Nazarene Hitam", yang diyakini memiliki kekuatan penyembuh, dalam arak-arakan dimulai saat fajar dan kemungkinan berlangsung hingga malam hari atau bahkan lebih lama.

Beberapa dari mereka berdesak-desakan dan memanjat saat kereta tersebut didorong dan ditarik belasan pria memegang tali, sementara kerumunan itu melambaikan handuk dan saputangan dengan tanda pujian kepada patung seukuran manusia, yang berlutut dan memikul salib di sebelah bahunya.

Arak-arakan dan upacara keagamaan lain diadakan di tempat lain di negara berpenduduk 105 juta orang itu untuk merayakan hari raya tersebut.

Dengan mengutip perkiraan polisi, media mengatakan bahwa perayaan tahun itu dapat menarik 17 juta orang secara nasional, beberapa mencari penyembuhan untuk penyakit dan pengampunan atas dosa dan yang lainnya lain mengucapkan terima kasih atas berkah yang diberikan.

Rogelio Lim mengatakan semua keinginannya telah menjadi kenyataan sejak dia menjadi pemuja "Black Nazarene" pada 1977.

"Anak saya sekarang adalah lulusan kedokteran," katanya, "Saya telah terhindar dari penyakit. Saya telah diberkati dengan sebuah rumah. Segala sesuatu yang kami harapkan. Pekerjaan baik. Semua. Karena itulah saya di sini, untuk bersyukur kepada-Nya." Palang Merah Filipina mengatakan telah menolong lebih dari 700 orang yang merasa tidak sehat, atau mengalami luka-luka di tengah keramaian parade, yang banyak di antaranya beramai-ramai untuk meraih patung tersebut.

Alvin Carlos mengatakan ia merasa lebih kuat setelah menyentuh "Nazarene Hitam".

"Hujan atau cuaca cerah, saya mendapatkan kekuatan untuk terus melanjutkan hidup karena iman kuat saya kepada-Nya," katanya.

Lebih dari 4.000 polisi dan tentara dikerahkan untuk memastikan acara di Manila berjalan damai, kata Oscar Albayalde, kepala kepolisian ibu kota negara kepulauan tersebut.
 

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99