Sabtu, 22 September 2018

Pembelot Korut Kemungkinan Terpapar Radiasi

Oleh: marsot
Kamis, 28 Desember 2017 05:14:00
BAGIKAN:
reuters.
Tentara Korut yang membelot.

SEOUL (MM): Sedikitnya empat pembelot dari Korea Utara telah menunjukkan tanda-tanda paparan radiasi, demikian pemerintah Korea Selatan pada Rabu, meskipun para peneliti tidak dapat mengonfirmasi apakah mereka terkait dengan program senjata nuklir Pyongyang.

Keempat orang tersebut adalah di antara 30 mantan penduduk di daerah Kilju, sebuah wilayah di Korut yang termasuk dalam lokasi uji coba nuklir Punggye-ri, yang telah dipantau oleh pemerintah Korsel sejak Oktober, sebulan setelah Korut melakukan uji coba nuklir keenam dan paling kuat, demikian juru bicara Kementerian Unifikasi Baek Tae-hyun dalam konferensi pers.

Mereka terpapar radiasi antara Mei 2009 dan Januari 2013, dan semua membelot ke Korsel sebelum dilakukan uji coba terbaru, demikian seorang peneliti di Balai Penelitian Energi Atom Korea, yang melakukan pemeriksaan tersebut kepada wartawan.

Korut telah melakukan enam kali uji coba bom nuklir sejak 2006, semuanya dilakukan di terowongan yang jauh di bawah pegunungan Punggye-ri, yang bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa serta kecaman internasional.

Para peneliti memperingatkan bahwa terdapat beberapa cara kemungkinan orang terpapar radiasi, dan bahwa tidak ada pembelot yang pernah tinggal di Punggye-ri sendiri menunjukkan gejala yang spesifik.

Serangkaian gempa kecil dalam uji coba terakhir - yang diklaim Korut sebagai bom hidrogen - memicu kecurigaan bahwa hal tersebut kemungkinan telah merusak lokasi pegunungan di ujung barat laut negara tersebut.

Para ahli memperingatkan bahwa uji coba lebih lanjut di daerah tersebut dapat berisiko terhadap polusi radioaktif.

Setelah uji coba nuklir pada 3 September, Administrasi Keselamatan Nuklir China mengatakan telah memulai pemantauan darurat pada radiasi di sepanjang perbatasannya dengan Korut.

Dan pada awal Desember, sebuah surat kabar pemerintah di Provinsi Jilin di China, yang berbatasan dengan Korut dan Rusia, menerbitkan sebuah halaman saran "cara praktis" tentang bagaimana pembaca dapat melindungi diri dari serangan senjata nuklir atau ledakan.

Ilustrasi kartun tentang cara menghilangkan kontaminasi radioaktif juga tersedia, seperti menggunakan air untuk mencuci sepatu dan menggunakan korek kuping untuk membersihkan telinga, serta gambar anak yang muntah untuk menunjukkan bagaimana bantuan secara medis dapat dilakukan untuk mempercepat hilangnya radiasi dengan cara memompa perut dan buang air kecil.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99