Rabu, 13 Desember 2017

Nanchang Berikan Beasiswa kepada Mahasiswa Indonesia

Oleh: marsot
Rabu, 06 Desember 2017 02:46:00
BAGIKAN:
istimewa.
Mahasiswi.

NANCHANG (MM): Jiangxi Normal University (JNU), Kota Nanchang, memberikan beasiswa kepada para calon mahasiswa dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi di wilayah barat daya China itu.

"Siapa saja calon mahasiswa dari Indonesia boleh mendaftar. Kami tidak pakai kuota," kata Deputi Direktur Kerja Sama Internasional JNU Li Haijun kepada Antara di Nanchang, Provinsi Jiangxi, Selasa 5 Desember 2017.

Ia menyebutkan bahwa sampai saat ini di kampusnya terdapat 11 mahasiswa asal Indonesia yang terdiri dari sembilan mahasiswa program S1 dan dua program S2.

Sejak 2006 kampus yang kurikulumnya model institut keguruan dan ilmu pendidikan (IKIP) itu menerima mahasiswa asal Indonesia.

"Tahun lalu ada tujuh orang mahasiswa Indonesia yang menerima beasiswa penuh selama empat tahun. Tahun ini ada lima orang," kata Li.

Menurut dia, beasiswa tersebut didanai oleh Confucius Institute, yayasan pendidikan publik yang berafiliasi dengan Kementerian Pendidikan China, yang berkantor pusat di Beijing.

"Jangan salah paham dulu dengan nama. Confucius tidak ada kaitannya dengan agama apa pun. Ini murni yayasan pendidikan," ujarnya menegaskan.

Bahkan dalam menerima calon peraih beasiswa, lanjut Li, tidak ada tendensi agama tertentu karena memang yayasan itu bukan bergerak di bidang keagamaan.

"Calon mahasiswa berlatar belakang apa saja kami terima dan bisa memilih jurusan sesuai keinginan yang bersangkutan," katanya.

Ia menganggap Indonesia merupakan mitra strategis China, terutama dalam konsep strategis Jalur Maritim dan Jalur Sutera Baru (Belt and Road) yang digagas Presiden Xi Jinping.

"Anak didik kami dari Indonesia, prestasinya di sini juga sangat memuaskan," kata Li yang juga mengajar Bahasa Mandarin di kampus terbesar kedua di Provinsi Jiangxi tersebut.

Selain JNU, di Nanchang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jiangxi tersebut terdapat satu perguruan tinggi terbesar kedua di daratan Tiongkok, yakni Nanchang University.

Nanchang University dalam beberapa tahun terakhir menjalin kerja sama dengan Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Sampai saat ini tercatat 20 mahasiswa asal Makassar dan Manado, Sulawesi Utara, yang belajar di kampus tersebut, baik program S1, S2, maupun S3.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2017 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99