Senin, 18 Juni 2018

Mahasiswa Malang KKN di Taiwan

Oleh: Jallus
Selasa, 12 Desember 2017 05:08:00
BAGIKAN:
istimewa.
mahasiswa (ilustrasi).

MALANG (MM): Sebanyak 17 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) internasional di Taiwan untuk mengenalkan tradisi dan budaya Indonesia di negeri itu.

Wakil Direktur II Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM Masduki, Senin mengemukakan mengabdi tak harus di dalam negeri. "Kami terus berupaya meraih rekognisi internasional sekaligus berinovasi program pengabdian masyarakat," kata Masduki di Malang.

Ke-17 mahasiswa yang menjalani KKN di distrik Meinong itu adalah mahasiswa program studi Hubungan Internasional (HI). Mereka diberangkatkan akhir November lalu dan akan tinggal di Taiwan selama dua pekan. Selama di Taiwan, mereka menjalankan berbagai kegiatan, termasuk memperkenalkan budaya Indonesia pada warga "blasteran".

Masduki mengemukakan berdasarkan pengamatan DPPM, ternyata banyak orang Taiwan yang menikah dengan orang Indonesia. Sayangnya, anak cucu mereka tidak mengerti budaya Indonesia. Oleh karena itu, UMM melalui mahasiswa KKN-nya mengenalkan budaya Indonesia.

Selain budaya dan tradisi, melalui kegiatan KKN tersebut, selama dua pekan itu mahasiswa UMM juga menggelar program pemberdayaan masyarakat, seperti belajar membatik.

Lebih lanjut Masduki mengatakan peserta program KKN International ini merupakan mahasiswa terpilih. Mereka sebelumnya telah melalui beberapa seleksi meliputi seleksi kesehatan, kesiapan mental dan kesungguhan dalam melaksanakan program pengabdian masyarakat.

Ia mengemukakan pihaknya memberikan bekal dan persiapan yang matang kepada calon mahasiswa KKN tersebut, terutama pembekalan mental dan penyusunan program-program kerja sejak beberapa bulan sebelum keberangkatan.

Taiwan, katanya, menjadi wilayah prioritas KKN Internasional UMM yang pertama. Selanjutnya, program KKN Internasional akan terus dikembangkan ke wilayah-wilayah lain di Asia. "Harapan kami program ini akan menjadi eskalator bagi mahasiswa UMM untuk meningkatkan wawasan internasional," ujarnya.

Melalui KKN Internasional tersebut, kata Masduki, mahasiswa UMM juga diharapkan tidak lagi berkutat pada wawasan lokal, tetapi berani meningkatkan wawasan global sesuai visi misi UMM," ucapnya.

Sebelumnya Rektor UMM Fauzan mengatakan selain mengirim mahasiswa KKN, UMM juga sedang menyiapkan program magang kerja bagi mahasiswa kampus itu di sejumlah perusahaan yang ada di Taiwan. "Sebenarnya tidak hanya Taiwan yang menjadi bidikan kami, tetapi ada beberapa negara lain yang potensial, yakni Korea Selatan dan China," ujarnya.

Sedangkan untuk program KKN mahasiswa di luar negeri, katanya, sudah berjalan cukup lama, seperti ke Thailand, Myanmar dan negara-negara di kawasan Asean lainnya. "KKN mahasiswa di luar negeri dilakukan secara mandiri, namun pihak kampus tetap memberikan subsidi bagi mahasiswa, meski tidak banyak," katanya.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99