Rabu, 17 Oktober 2018

Lomba Bahasa Indonesia di Laos

Oleh: marsot
Senin, 06 Agustus 2018 05:20:00
BAGIKAN:
istimewa.
Lomba Bahasa Indonesia.

JAKARTA (MM): Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Vientiane menggelar Lomba Bahasa Indonesia dan Cerdas Cermat yang digelar di ibukota Laos itu sebagai upaya mengenalkan budaya Indonesia ke negara di kawasan Indochina tersebut.

Siaran pers KBRI Vientiane yang diterima di Jakarta, menyatakan lomba Bahasa Indonesia itu digelar pada 4 Agustus 2018.

"Dalam lomba yang digelar di KBRI Vientiane tersebut, semua pesertanya merupakan orang Laos," ujarnya, Minggu 5 Augustus 2018.

Perlombaan terdiri dari antara lain Lomba Pidato Bahasa Indonesia yang memiliki 12 peserta, serta Cerdas Cermat Bahasa Indonesia yang diikuti oleh tiga tim dengan masing masing tim terdiri dari tiga peserta.

Kemudian, ada lagi kuis "Komunikata" dengan peserta delapan orang untuk masing masing tiga tim. Untuk kuis Komunikata dan Cerdas cermat diikuti oleh siswa Bahasa Indonesia yang mengambil kursus di KBRI, sementara untuk lomba pidato dibuka untuk umum.

Lomba Bahasa Indonesia dibuka oleh Duta Besar RI untuk Laos, Pratito Soeharyo yang menegaskan bahwa KBRI berkomitmen untuk meningkatkan hubungan "people to people" antara masyarakat Indonesia dan Laos dalam setiap aspek, termasuk melalui bahasa Indonesia.

Dubes mengutarakan harapan bahwa kompetisi itu akan semakin meningkatkan kesadaran akan Bahasa Indonesia di Laos melalui kursus Bahasa Indonesia yang diselenggarakan di Vientiane.

Kursus itu telah diselenggarakan dengan bantuan para guru dari Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Bahasa yang berafiliasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kursus tersebut tidak dikenakan biaya.

Untuk meningkatkan antusiasme peserta, panitia KBRI memberikan berbagai hadiah.

Sebagai bentuk dukungan, Perusahaan TVS Vientiane yang produknya didatangkan dari Indonesia juga berpartisipasi dengan menyumbang hadiah untuk disajikan bagi para pemenang.

Sebagai juara pertama perlombaan pidato bahasa Indonesia adalah Phienthong Kankeo, juara kedua Souksavanh, dan juara ketiga Phailinh Keutla.

Pemenang Setiap lomba akan diundang ke Upacara Bendera HUT ke-73 Kemerdekaan Indonesia yang akan diselenggarakan pada 17 Agustus 2018 di mana hadiah akan diberikan oleh Duta Besar dan pihak terkait setelah upacara selesai.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99