Selasa, 16 Juli 2019

Arus Mudik Imlek Mulai Ramai

Oleh: alex
Kamis, 31 Januari 2019 06:10:00
BAGIKAN:
istimewa.
Mudik.

BATAM (MM): Otoritas Pelabuhan Domestik Sekupang Kota Batam Kepulauan Riau memperkirakan arus mudik Imlek 2019 mulai Jumat (1/2), atau empat hari menjelang pergantian tahun China 2570.

"Arus mudik mulai Jumat, kami sudah melakukan persiapan, biasa saja," kata Kepala Satuan Kerja Pelabuhan Domestik Sekupang, Suherman di Batam, Rabu 30 Januari 2019.

Pelabuhan Domestik Sekupang melayani pelayaran antarpulau, antarkabupaten/kota dan antarprovinsi, di antaranya Batam-Tanjungbalai Karimun Kepri dan Batam-Dumai Riau.

Ia mengatakan pihaknya sudah menyiagakan personel untuk memastikan arus mudik berjalan lancar dan aman.

Senada dengan Suherman, pengelola Pelabuhan Feri Internasional Sekupang, Julmarly juga memperkirakan arus mudik Imlek dari Singapura dan Malaysia ke Batam dimulai Jumat (1/2).

Menurut dia, banyak warga Singapura yang setiap tahun merayakan pergantian tahun China bersama kerabat mereka yang tinggal di Batam.

Jumlarly memperkirakan, sekitar 2.000 wisman akan datang ke Batam menjelang Imlek melalui pelabuhan yang dikelolanya.

Selain kedatangan wisman, ia memperkirakan arus keberangkatan ke Singapura dan Malaysia juga meningkat saat libur Imlek, yang didominasi warga yang ingin menghabiskan libur di negara jiran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Ardiwinata memperkirakan ribuan wisatawan mancanegara, terutama dari Singapura, diperkirakan akan datang ke kota setempat untuk merayakan Tahun Baru Cina 2570.

"Karena sudah menjadi kebiasaan orang Singapura dan Malaysia, setiap libur publik mereka berwisata di Batam," kata dia.

Ia mengatakan, sejumlah agen perjalanan juga menjual paket merayakan Imlek di Batam kepada wisman di Singapura dan Malaysia. Dan berdasarkan laporan yang ia terima, paket tersebut digemari.

Paket merayakan Imlek di Batam terdiri makan malam bersama, pertunjukan barongsai, mercon dan kembang api.

"Ada juga kompetisi menyanyi Mandarin, yang juga mendapatkan atensi besar dari wisman," kata dia.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2019 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99