Jumat, 28 Juli 2017

Tepung Kelapa Asal Sulut Banjiri Tiongkok

Oleh: Marsot
Sabtu, 08 Juli 2017 04:45:00
BAGIKAN:
istimewa
Buah kelapa.

MANADO (MM): Kinerja ekspor produk tepung kelapa asal Provinsi Sulawesi Utara ke Tiongkok mengalami peningkatan dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

"Biasanya tepung kelapa yang diekspor ke Tiongkok hanya puluhan ton dalam sebulan, namun pada Mei 2017 menjadi 150 ton," kata Kabid Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Jumat 7 Juli 2017.

Darwin mengatakan tepung kelapa yang diekspor ke Tiongkok sebanyak 150 ton tersebut, mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 275.945 dolar Amerika Serikat (AS).

Dia mengatakan Tiongkok merupakan salah satu pasar di Asia yang cukup potensial untuk produk tepung kelapa.

Kemiripan makanan pokok masyarakat Tiongkok membuat pengiriman tepung kelapa ke negara tersebut cukup tinggi.

Apalagi, katanya, kunjungan wisman asal Tiongkok ke Sulut yang cukup tinggi, membuat produk ini semakin diminati.

Dia mengatakan oleh sebab itu pemerintah juga mengharapkan agar pengekspor produk tepung kelapa di Sulut agar tetap menjaga agar pasar terus meningkat.

Kualitas produk dan kuantitas, katanya, harap dijaga dengan baik karena pasar luar negeri sangat konsisten dengan hal tersebut.

Tepung kelapa merupakan produk turunan kelapa yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan tepung yang biasa dijadikan bahan baku kue dan makanan lainnya.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2017 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.