Jumat, 16 November 2018

Sulut Ekspor Pala ke Vietnam

Oleh: alex
Minggu, 04 November 2018 05:25:00
BAGIKAN:
reuters.
Vietnam.

MANADO (MM): Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor puluhan ton biji pala ke Vietnam di akhir Oktober 2018, memenuhi permintaan cukup tinggi dari pembeli negara tersebut.

"Biji pala yang diekspor ke Vietnam sebanyaj 29 ton dan mampu menghasilkan devisa sebesar 104.850 dolar Amerika Serikat (AS)," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Sabtu 3 Oktober 2018.

Jenny mengatakan biji pala sangat banyak manfaatnya, antara lain untuk rempah-rempah karena rasanya yang sangat khas.

Dia mengatakan hal tersebut harus bisa dimanfaatkan para petani untuk meningkatkan produksinya dan menghasilkan tanaman pala yang berkualitas baik agar makin disukai di seluruh dunia.

"Permintaan ekspor pala dan ke berbagai negara di dunia ini menunjukkan mutu komoditas pala daerah ini cukup baik," ujarnya.

Pemerintah, katanya, akan terus memfasilitasi agar pengekspor Sulut mampu meningkatkan kualitas produksi pala sehingga tujuan pasar akan semakin bertambah.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Darwin Muksin mengatakan, pasar ekspor biji pala tersebut yakni Italia, Jepang, AS, Afrika Selatan, Spanyol, Vietnam, Belanda dan Rusia, sedangkan sebelu hanya ke Belanda, Italia dan Vietnam.

Komoditas biji pala asal Sulut memang paling banyak diminati negara-negara di Uni Eropa. Namun, Asia, Amerika dan Afrika juga menggemarinya.
 

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99