Rabu, 13 Desember 2017

Sulut Ekspor Biji Kelapa ke Jepang

Oleh: alex
Selasa, 05 Desember 2017 05:08:00
BAGIKAN:
istimewa.
Buah kelapa.

MANADO (MM): Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor komoditas biji pala ke Jepang jelang Natal dan Tahun Baru sebanyak 14,4 juta ton.

"Di penghujung tahun 2017, kami telah mengekspor biji pala ke Jepang sebanyak 14,4 ton," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Darwin Muksin di Manado, Senin 4 Desember 2017.

Darwin mengatakan biji pala yang diekspor tersebut mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 185.640 dolar Amerika Serikat (AS).

Dia mengatakan mulai beberapa tahun terakhir ini pembeli asal Jepang mulai meminati produk biji pala asal Sulut.

Biji pala asal Sulut yang paling terkenal yakni pala Siau, karena berasal dari Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Ia menjelaskan pasar Asia, Amerika terlebih Eropa sangat meminati pala asal Saiau, karena memiliki kualitas yang cukup baik, berada di atas rata-rata daerah lain.

Komoditas biji pala asal Sulut memang diminati Jepang, bahkan negara-negara lainnya sejak dulu, karena sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat, antara lain untuk rempah-rempah.

Hal tersebut, kata dia, harus dimanfaatkan para petani untuk meningkatkan produksinya dan menghasilkan tanaman pala berkualitas baik, agar makin disukai.

Pala yang diproduksi di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe, dan Talaud pun menarik minat pasar Afrika sebab permintaan ekspor semakin banyak.

Selain biji pala, juga diekspor ke berbagai negara fuli pala dan batok pala serta daging pala. "Pokoknya hampir semua produk turunannya sangat diminati negara internasional," katanya.

Pihaknya mengingatkan kepada semua eksportir bahwa pemerintah akan selalu membantu dalam pengurusan surat-surat seperti surat keterangan asal (SKA) tanpa pungutan apapun.
 

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2017 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99