Rabu, 15 Agustus 2018

Starbucks Gandeng Alibaba

Oleh: marsot
Sabtu, 04 Agustus 2018 04:14:00
BAGIKAN:
reuters.
Alibaba.

SHANGHAI (MM)> Starbucks Coffee Company ("Starbucks") (NASDAQ: SBUX) dan Alibaba Group Holding Ltd. ("Alibaba") (NYSE: BABA) hari ini mengumumkan kemitraan strategis "New Retail" yang akan menyempurnakan Starbucks Experience dan mengubah industri kopi di Tiongkok.

Berkolaborasi di seluruh bisnis utama dalam ekosistem Alibaba, termasuk Ele.me, Hema, Tmall, Taobao dan Alipay, Starbucks mengumumkan rencana memulai layanan pengiriman mulai September 2018, membangun "Starbucks Delivery Kitchens" guna memenuhi pesanan antar dan mengintegrasikan berbagai platform untuk ikut menciptakan gerai virtual Starbucks - Starbucks Experience yang tak tertandingi dan jauh lebih personal bagi pelanggan di Tiongkok.

Pengumuman ini menandai momen bersejarah karena kedua perusahaan ikonik global tersebut mengandalkan kekuatan ritel dan teknologinya yang berbeda guna merevolusi pengalaman pelanggan. Memanfaatkan ekosistem Alibaba dan infrastruktur New Retail, Starbucks akan bisa lebih menyatukan Starbucks Experience yang sempurna antara gerainya dan daring untuk pelanggan.

"Berkat pengalaman pelanggan yang ditingkatkan oleh lebih dari 45.000 mitra kami, Starbucks berkembang dan berinovasi lebih cepat di Tiongkok ketimbang di negara lain," kata Kevin Johnson, president dan CEO Starbucks Coffee Company.

"Kemitraan transformasional kami dengan Alibaba akan membentuk kembali ritel modern, dan merupakan peristiwa penting dalam upaya kami melampaui ekspektasi konsumen di Tiongkok. Starbucks China patut diperhatikan, dan saya yakin sepenuhnya pada tim yang akan menghidupkan inovasi baru di balik Starbucks Experience." Daniel Zhang, CEO Alibaba Group, berkata, "Starbucks lebih dari sekedar tujuan untuk menikmati kopi premium dan kami berbagi visi untuk memelopori budaya kopi dan gaya hidup baru melalui inovasi dan teknologi.

Alibaba gembira memperluas kemitraan kami yang sudah terjalin dengan Starbucks dengan memanfaatkan infrastruktur New Retail canggih kami dan kekuatan digital guna memungkinkan pengalaman baru bagi konsumen. Kemitraan ini kembali membuktikan keberhasilan strategi New Retail kami." Kemitraan strategis ini merupakan bagian dari dorongan lebih luas New Retail Alibaba, yang bertujuan mengubah cara perdagangan dilakukan dengan menggabungkan pengalaman daring dan luring. New Retail diperkenalkan oleh Alibaba pada tahun 2016 dan sejak itu menjadi strategi khas industri ritel.

Menciptakan Pengalaman Pesan dan Antar yang Tak Tertandingi Didukung oleh Ekosistem Alibaba Layanan antar kopi terbaik melalui Ele.me Menggandeng Ele.me, platform pengiriman makanan terkemuka Tiongkok dengan tiga juta pengantar terdaftar, Starbucks akan memulai pengiriman pada September ini di 150 gerai yang berlokasi di zona perdagangan utama di Beijing dan Shanghai dengan rencana mempercepat dan memperluas program pengirimannya ke lebih dari 2.000 gerai Starbucks di 30 kota pada akhir tahun takwim 2018.

Baik Starbucks maupun Ele.me berkolaborasi untuk mengembangkan infrastruktur pengiriman unik dan terkustomisasi yang telah ditentukan dengan teliti, termasuk pengantar khusus Ele.me, waktu pengiriman yang tepat, dan operator khusus. Kedua perusahaan telah menciptakan program pesanan antar sesuai keinginan yang menjunjung tinggi pengalaman dan kualitas tak tertandingi yang diharapkan pelanggan di gerai ritel Starbucks. Melalui kemitraan di bidang pengiriman ini, Starbucks dan Ele.me telah memelopori standar layanan antar kopi terbaik bagi pelanggan di Tiongkok.

"Ele.me memiliki infrastruktur kuat untuk pengiriman sesuai permintaan di Tiongkok. Kami senang bermitra dengan Starbucks untuk meluncurkan layanan pengiriman andal dan tepercaya ini guna memenuhi kebutuhan pelanggan dan memanfaatkan potensi besar di sektor pengiriman. Ini merupakan peristiwa penting bagi Ele.me untuk memperdalam kolaborasi kami dengan jaringan ritel dan lebih memperluas penetrasi kami di sektor pengiriman makanan," ujar Wang Lei, CEO Ele.me.

Kemampuan Pemenuhan dan Pengiriman yang Berbeda melalui Supermarket Hema Selain itu, Starbucks akan menggandeng supermarket Hema untuk menjadi brand ritel pertama yang membangun "Starbucks Delivery Kitchens" khusus di lokasi mereka. "Starbucks Delivery Kitchens" akan memanfaatkan kemampuan pemenuhan dan pengiriman Hema yang berbeda guna melengkapi pengiriman kopi dan teh Starbucks yang ditawarkan melalui gerai Starbucks. Starbucks juga akan memanfaatkan wawasan konsumen amat efektif dan keahlian pemenuhan unik Hema untuk penetrasi lebih lanjut dan memenuhi lebih baik kebutuhan individu dan keluarga di komunitas di seluruh Tiongkok.

Strategi ini akan menginformasikan perencanaan jaringan gerai baru Starbucks di masa mendatang, bersama dengan lokasi "Starbucks Delivery Kitchen", guna lebih memperluas skala dan jangkauan layanan pengiriman Starbucks, sambil memungkinkan mitra (karyawan) kami terus meningkatkan pengalaman pelanggan. Starbucks akan membuka "Starbucks Delivery Kitchens" di supermarket terpilih Hema di Shanghai dan Hangzhou pada September 2018, dengan rencana memperluas kehadirannya ke kota-kota lain dari waktu ke waktu.

"Pelanggan kami di Tiongkok menaruh ekspektasi tinggi terhadap Starbucks Experience mereka dan kami bangga memperkenalkan pengalaman pengiriman premium yang merefleksikan layanan dan kualitas yang juga mereka sukai dan harapkan dari kami di gerai kami - kami tak akan pernah berkompromi," tutur Belinda Wong, CEO, Starbucks China.

"Yang lebih penting, melalui kemitraan kami dengan Alibaba, kami mendobrak hambatan fisik dan virtual antara rumah, kantor, gerai dan ruang digital, sehingga menjadikan Tiongkok pasar pertama Starbucks yang menghadirkan Starbucks Experience yang sempurna di semua aspek kehidupan pelanggan kami serta lebih merefleksikan keunikan dan kepentingan strategis pasar."

Inovasi Digital Mengubah Industri Ritel Inisiatif strategis penting menurut kemitraan ini adalah pengembangan gerai virtual pertama Starbucks di Tiongkok. Dalam kemitraan digital ini, Alibaba akan mengembangkan pusat manajemen daring, dengan kemampuan unik untuk mengintegrasikan dan memberikan Starbucks Experience yang konsisten di berbagai platform digital. Inovasi ini akan melampaui batasan tradisional kunjungan aplikasi tunggal dengan memberi konsumen pengalaman digital Starbucks yang lebih tinggi, dan jauh lebih personal di seluruh aplikasi Starbucks serta aplikasi mobile pelanggan Alibaba, termasuk Taobao, Alipay, Tmall, dan Koubei.

Inovasi mutakhir ini akan merevolusi model luring ke daring tradisional dengan memperluas secara efektif jangkauan Starbucks Experience ke dalam ritual gaya hidup sehari-hari konsumen di Tiongkok, terlepas dari waktu atau tempat. Baik itu di rumah atau di kantor, di gerai Starbucks atau daring, pelanggan Starbucks akan dapat mengakses dan menikmati Starbucks Experience di satu atap saat membeli barang dagangan daring, membeli minuman Starbucks untuk dikirimkan ke teman atau mengirim hadiah cinta Starbucks di platform pemberian sosial "Say it with Starbucks".

Starbucks akan mengintegrasikan secara progresif platform keanggotaan Starbucks Rewards (SR) ke sistem terpusat yang meningkatkan wawasan konsumennya guna memberikan pengalaman yang benar-benar personal kepada pelanggannya, sambil membangun fondasi yang kuat bagi pengembangan masa depan pengalaman digital Starbucks di Tiongkok.

Starbucks dan Alibaba adalah mitra bisnis tepercaya yang berbagi nilai bersama dalam semangat inovasi dan upaya tanpa henti untuk mengejar keunggulan produk dan layanan. Kemitraan mendalam ini merupakan langkah penting karena kedua perusahaan bermitra untuk meningkatkan pengalaman pelanggan di seantero Tiongkok.

Sumber: antara/xinhua.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99