Rabu, 13 Desember 2017

Santunan Kematinan Dinaikkan

Oleh: alex
Selasa, 05 Desember 2017 05:03:00
BAGIKAN:
istimewa.
Mayat.

YOGYAKARTA (MM): Besarnya santunan kematian yang diberikan apabila ada anggota keluarga miskin pemegang kartu menuju sejahtera meninggal dunia pada 2018, dipastikan naik hampir 70 persen menjadi Rp2 juta.

"Sudah diputuskan dalam anggaran murni 2018 bahwa besar santunan kematian dinaikkan dari Rp1,2 juta menjadi Rp2 juta," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta Kadri Renggono di Yogyakarta, Senin 4 Desember 2017.

Menurut dia, Pemerintah Kota Yogyakarta mengalokasikan santunan kematian untuk sekitar 800 pemohon pada tahun depan sehingga total alokasi anggaran mencapai Rp1,6 miliar.

Pada tahun depan, lanjut Kadri, pemberian santunan kematian dimungkinkan dibayarkan secara nontunai mengikuti kebijakan yang telah diterapkan Pemerintah Kota Yogyakarta mulai September tahun ini yaitu melakukan pembayaran nontunai untuk seluruh transaksi pembayaran dengan nilai lebih dari Rp500.000.

"Tetapi, kami akan melakukan kajian terlebih dulu karena syarat utamanya adalah warga penerima santunan harus memiliki rekening di bank," kata Kadri.

Sedangkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Bedjo Suwarno mengatakan perubahan besar santunan kematian harus diikuti dengan perubahan surat keputusan wali kota.

"Harus ada penyesuaian terlebih dulu terhadap besarnya santunan yang diberikan yaitu dari Rp1,2 juta menjadi Rp2 juta," kata Bedjo.

Hingga saat ini, Dinas Sosial Kota Yogyakarta sudah menyalurkan sebanyak 536 santunan kematian dengan nilai Rp643,2 juta dari total alokasi 700 pemohon pada tahun ini. "Pembayaran memang masih dilakukan secara tunai," kata Bedjo.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta Dwi Budi Utomo mengatakan, terdapat tiga alasan yang mendasari penambahan besar santunan kematian pada 2018 yaitu biaya bedah bumi yang mahal, rencana pengadaan makam di luar kota yang belum jelas hingga saat ini serta beban hidup warga miskin semakin berat.

"Biaya bedah bumi di Yogyakarta sudah mencapai sekitar Rp3 juta hingga Rp4 juta. Tentunya, penambahan santunan kematian ini diharapkan dapat sedikit meringankan beban warga miskin," kata Budi.
 

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2017 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99