Senin, 19 Agustus 2019

PLN Kerja Sama dengan Asian Agri

Oleh: marsot
Sabtu, 19 Januari 2019 05:07:00
BAGIKAN:
istimewa.
Pembangkit listrik Biogas.

MEDAN (MM): PT PLN (Persero) wilayah Sumatera Utara dan Asian Agri bekerja sama mengoperasikan pembangkit listril tenaga biogas (PLTBG) untuk meningkatkan ketersediaan listrik sekaligus mendorong pemanfaatan energi terbarukan.

"Selain dengan Asian Agri, PLN Sumut siap bekerja sama juga dengan perusahaan lain penghasil biogas," ujar General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumut, Feby Joko Priharto di Medan, Jumat 18 Januari 2019.

Dia mengakui hingga kini PLN belum memiliki pembangkit tenaga biogas (PLTBg) di wilayah Sumut. Oleh karena itu, PLN Sumut menjalin kerja sama dengan perusahaan yang sudah membangun PLTBg.

Dia menjelaskan, dalam skema kerja sama itu, PLN bisa dapat pasokan listrik sebesar 0,2 MW dan 0,4 M dengan status "undedicated supply".

Kerja sama "undedicated supply".

artinya, PLN dapat meminta pasokan listrik tersebut bila dibutuhkan, tetapi bila tidak mendapatkannya, Asian Agri tidak terkena penalti. Skema itu juga yang akan diterapkan kepada perusahaan-perusahaan pemilik pembangkit biogas yang akan bekerja sama dengan PLN Sumut.

Dia menyebutkan, skema itu sebenarnya merupakan skema kerja sama yang diberlakukan Kementerian ESDM untuk menghadapi dua kondisi yakni untuk memperbaiki mutu layanan karena defisit daya atau untuk menurunkan biaya pokok produksi tenaga listrik.

"PLN Sumut sebenarnya tidak memiliki persoalan dengan defisit daya karena saat ini masih memiliki surplus lebih dari 200 MW. Namun skema ekses power tetap dibutuhkan sebagai salah satu instrumen yang bisa digunakan untuk menekan biaya pokok produksi listrik," katanya Dia menegaskan, melihat dari kapasitas daya yang bisa PLN manfaatkan dari pembangkit biogas yang kurang dari 1 MW, tentu itu sangat kecil dibandingkan dengan beban puncak di Sumut yang mencapai 2.000 MW.

Head Plantation Asian Agri Sumut dan Riau, Omri Samosir, mengungkapkan dari 10 unit yang sudah dan sedang dalam proses pembangunan, sejumlah PLTBg perusahaan itu sudah dapat menyuplai PLN. PLTBg yang sudah bisa menyuplai energi ke PLN adalah Pabrik Gunung Melayu Satu (PGMS) dan PT Saudara Sejati Luhur, di Desa Batu Anam, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR

Topan Super Lekima Akan Hantam China

satu minggu lalu    China Town

SHANGHAI (MM): Badan meteorologi China mengeluarkan peringatan bahaya pada Jumat saat topan super Lekima mendekati Provinsi Zhejiang di

4 minggu lalu   Hukum & Kriminal

Polda Lampung Sita 20 Kilogram Sabu-Sabu

4 minggu lalu   Hukum & Kriminal

KPK Akan Kejar Sjamsul Nursalim

4 minggu lalu   Olagraga

China Pastikan Juara Ganda Campuran

4 minggu lalu   China Town

Badai Tropis di Filipina Berdampak ke Aceh

Copyright © 2014 - 2019 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99