Rabu, 15 Agustus 2018

Melepaskan Lobster di Pantai Batu Mandi

Oleh: marsot
Selasa, 07 Agustus 2018 04:55:00
BAGIKAN:
istimewa.
Anak udang.

JAKARTA (MM): Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), melepasliarkan 29.600 benih lobster di Pantai Batu Mandi, Pangandaran, Jawa Barat.

Kepala BKIPM KKP Rina dalam keterangan tertulis di Jakarta,  menyatakan, pelepasliaran yang dilakukan pada Sabtu (4/8) itu merupakan hasil penggagalan penyelundupan di perumahan Alam Sutera, Tangerang oleh Bareskrim Polri pada Jumat (3/8).

Pelepasliaran benih lobster itu dilakukan BKIPM yang terdiri dari UPT Balai Besar KIPM Jakarta I, Balai KIPM Jakarta II, Stasiun KIPM Merak, Stasiun KIPM Cirebon, dan Stasiun KIPM Bandung bersama Bareskrim Polri, Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Pangandaran, Pangkalan TNI AL (Lanal), dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas ) Pangandaran.

Rina menyebutkan, koordinasi dan kerja sama ini adalah upaya yang dilakukan untuk mengawasi pengeluaran sumber daya perikanan yang dilarang/dilindungi.

"Kami (KKP dan Bareskrim) memang sedang memantau semua lokasi yang kita ketahui menjadi tempat-tempat atau titik-titik penampungan benih-benih lobster yang akan dilalulintaskan ke luar negeri," katanya, Senin 6 Augustus 2018.

Menurut Rina, benih lobster hampir 30.000 ekor yang terdiri dari jenis pasir dan mutiara itu sedianya akan dikirim ke Vietnam melalui Singapura.

Benih lobster tersebut disimpan dalam 148 kantong yang masing-masing berisi sekitar 200 ekor. Sebanyak 147 kantong berisi benih lobster jenis pasir, dan 1 kantong lainnya benih lobster jenis mutiara yang bernilai sekitar Rp4,5 miliar.

Benih lobster tersebut diamankan dari empat pelaku yang terdiri dari 3 warga Jawa Barat dan 1 warga Jawa Timur saat tengah beristirahat di sebuah gerai makanan cepat saji sekitar pukul 10.30 WIB.

Keempatnya membawa langsung benih lobster tersebut dari pantai di Sukabumi menuju gudang penyimpanan sebelum akhirnya tertangkap. Saat ini, pelaku masih dalam pemeriksaan lebih lanjut di Bareskrim Polri.
 

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99