Senin, 21 Mei 2018

Jepang dan Indonesia Kerja Sama Konservasi Citarum

Oleh: alex
Sabtu, 20 Januari 2018 04:53:00
BAGIKAN:
reuters.
PM Jepang Shinzo Abe.

BOGOR (MM): Jepang menjajaki kerja sama dengan Indonesia dalam hal konservasi Sungai Citarum di Jawa Barat sebagai bagian dari sejumlah agenda proyek kesepakatan antara kedua negara.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Istana Kepresidenan Bogor, setelah mendampingi Presiden Jokowi menerima Delegasi Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Toshihiro Nikai dan rombongan mengatakan diskusi mengenai kerja sama lingkungan hidup menjadi salah satu topik bahasan.

"Ada diskusi juga mengenai kerja sama yang bersifat lingkungan hidup," kata Menlu Retno, Jumat 19 Januari 2018.

Ia mencontohkan, tentang penjajakan kerja sama konservasi Sungai Citarum di Jawa Barat yang masih perlu formulasi tersendiri.

"Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang juga akan meninjau Sungai Citarum untuk penjajakan awal kerja sama, apa yang dapat dilakukan Indonesia dengan Jepang untuk Sungai Citarum," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh jajaran pemerintahan segera merevitalisasi Sungai Citarum.

"Jangan ditunda-tunda lagi," kata Presiden Joko Widodo.

Citarum dianggap sangat vital bagi hajat hidup masyarakat luas karena merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Jawa Barat.

Presiden bahkan sempat memimpin rapat terbatas dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja, Selasa, 16 Januari 2018, di Graha Wiksa Praniti, Kota Bandung.

"Penataan Sungai Citarum akan kita pakai sebagai contoh pengelolaan daerah aliran sungai di wilayah lain," ujar Presiden.

Sungai Citarum sangat vital dan memberikan beragam manfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Salah satunya menjadi sumber air minum untuk 27,5 juta penduduk, baik di Jawa Barat maupun DKI Jakarta.

Irigasi untuk 420 ribu hektare sawah airnya bersumber dari Sungai Citarum.

"Di aliran sungai ini juga ada tiga PLTA, Saguling, Cirata, dan Jatiluhur yang mampu menghasilkan daya listrik 1.400 MW," ucap Presiden.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99