Selasa, 17 Juli 2018

Jepang Tingkatkan Investasi di Indonesia

Jumat, 11 November 2016 05:29:00
BAGIKAN:
rtr
Uang Jepang mengalir ke Indonesia.

TOKYO (MM): Indonesia senantiasa menarik bagi para investor Jepang, termasuk Itochu Corporation yang tidak membatasi penanaman modalnya di negara kepulauan terbesar di dunia itu, kata seorang anggota direksi Itochu Corporation.

"Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat penting bagi Jepang. Dengan rakyat yang bersahabat dan stabilitas politik yang baik, kami tidak membatasi diri untuk hadir di Indonesia," kata Anggota Dewan Direksi Itochu Corporation Eiichi Yonekura di Tokyo, Kamis 10 November 2016.

Berbicara dalam pertemuan dengan delegasi PT Adaro Energy Tbk bersama wartawan Indonesia yang mengikuti program kunjungan ke Jepang, Yonekura menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan kerja sama bisnis dengan mitra usaha mereka dari Indonesia.

"Sejauh ini, kontribusi bisnis dari Indonesia untuk Itochu Corporation baru sekitar lima persen. Adapun kontribusi terbesar bagi Itochu datang dari Amreika Serikat dan China," katanya.

Korporasi yang memiliki divisi usaha sektor teknologi informasi dan bisnis, makanan, tekstil, energi dan kimia, metal dan mineral, permesinan, serta produk-produk umum itu sendiri telah beroperasi di Indonesia sejak 1951 dan terus berkembang hingga saat ini, katanya.

Penilaian positif Eiichi Yonekura tentang iklim investasi Indonesia yang menarik bagi banyak pengusaha Jepang itu diamini Presiden Direktur PT Itochu Indonesia Koichi Kawaguchi.

Dalam pertemuan yang turut dihadiri Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Tohir dan Presiden Direktur PT Adaro Power Mohammad Effendi itu, Kawaguchi lebih lanjut menjelaskan bahwa grup usaha Itochu di Indonesia berjumlah 34 perusahaan.

Salah satunya adalah PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) yang didirikan Itochu bersama Electric Power Development Co., Ltd (J-Power) dan PT Adaro Power, anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Adaro Energy, untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang, Jawa Tengah.

Di mata Kawaguchi, Indonesia tetap menarik sebagai salah satu negara tujuan investasi di dunia karena negara ini tidak hanya didukung oleh stabilitas politik yang baik tetapi juga pasar yang besar, serta ketersediaan sumberdaya alam dan infrastruktur yang memadai.

Pada kesempatan itu, Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk Garibaldi Tohir menegaskan keinginan pihaknya untuk terus memperkuat kemitraan bisnis dengan Itochu dengan mengembangkan lebih banyak peluang usaha bersama.

Selain berkunjung ke Itochu Corporation, delegasi Adaro Energy dan wartawan Indonesia juga dijadwalkan berkunjung ke Nikkei, koran ekonomi terbesar Jepang, dan PLTU Isogo, Yokohama, untuk melihat secara langsung teknologi yang digunakan PLTU berbahan bakar batubara ramah lingkungan ini.

"Teknologi Jepang adalah salah satu yang terbaik di dunia," kata Garibaldi Tohir.(ant)

BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99