Sabtu, 18 Agustus 2018

Hati-Hati Beli Produk di Supermarket, Ada yang Kedaluarsa

Oleh: alex
Senin, 02 Juli 2018 03:10:00
BAGIKAN:
marsot
Supermarket.

MEDAN (MM): Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Sumatera Utara meminta para pengusaha toko swalayan atau supermarket agar tetap berlaku jujur, tidak menjual makanan/minuman kedaluwarsa, karena perbuatan tersebut sangat merugikan konsumen atau masyarakat.

"Perbuatan yang tidak terpuji itu, harus dihentikan dan jangan sampai mengecewakan masyarakat," kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumut Abubakar Siddik, di Medan, Minggu 1 Juli 2018.

Para pengusaha super market, menurut dia, harus selalu bersikap jujur, dalam memasarkan produk makanan kepada konsumen dan jangan sekadar mencari kentungan saja, serta mengabaikan kesehatan/keselamatan masyarakat.

"Tindakan yang dilakukan pengusaha itu, melanggar Undang-Undang Konsumen dan Kesehatan dapat dipidana, serta dikenakan denda mencapai nilai miliaran rupiah," ujar Abubakar.

Ia mengatakan, pengusaha super market jangan hanya mencari keuntungan, dan menghalalkan segala cara dengan menjual produk makanan yang telah kedaluwarsa.

Makanan dan minuman yang telah habis masa berlakunya atau dianggap ilegal, sangat berbahaya bagi kesehatan warga yang mengonsumsinya.

"Ini harus dihindari dan jangan sampai jatuh korban jiwa dari pihak konsumen yang mengonsumsi makanan yang tidak jelas," ucapnya.

Abubakar berharap kepada petugas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan dan institusi pemerintah terkait lainnya tidak sampai lengah dalam mengawasi makanan dan minuman yang telah kedaluwarsa dan kemungkinan masih diedarkan di supermarket.

Apalagi setelah berakhirnya Hari Raya Idul Fitri 1439 H, kemungkinan pemilik supermarket masih ada yang memasarkan produk yang telah kedaluwarsa.

"Masyarakat diingatkan agar selalu hati-hati, sebelum membeli makanan yang dipasarkan di sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Medan," kata Ketua YLKI Sumut itu.

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99