Senin, 20 Mei 2019

Hainan Larang Pemakaian Plastik Satu Kali

Oleh: marsot
Jumat, 22 Februari 2019 14:11:00
BAGIKAN:
istimewa.
Industri plastik.

SHANGHAI (MM): Provinsi pulau, Hainan, di China akan melarang produksi, penjualan dan pemakaian seluruh bentuk plastik tak terurai sekali pakai pada tahun 2025 guna mengurangi pencemaran, media pemerintah melaporkan, dengan mengutip biro lingkungan hidup tingkat provinsi.

Hainan menjadi wilayah pertama di China yang secara resmi menjanjikan penghapusan plastik tak-terurai untuk sekali pakai, yang menurut Perserikatan Bangsa-bangsa merupakan tantangan terbesar dunia.

Provinsi tersebut menggunakan 120.000 ton materi tersebut setiap tahun, menurut perkiraan pemerintah.

Menurut China News Service Kamis malam, Hainan akan mengeluarkan standard baru dan membentuk sistem pemantauan dan pelaksanaan sebelum akhir tahun.

Pencemaran plastik mencuat sebagai masalah lingkungan hidup terbesar di China, dengan jumlah sangat banyak limbah plastik yang tidak ditangani, terkubur di tanah-tanah atau dibuang ke sungai-sungai.

China sudah mengembangkan tingkat daur ulang dan membangun lusinan "penggunaan sumber-sumber yang lebih luas" dengan dasar memastikan pemakaian lebih banyak produk-produk yang bisa digunakan ulang sebagai bagian dari perang terhadap limbah.

Pemerintah juga sedang menata langkah-langkah baru untuk memperketat pemakaian kemasan plastik oleh jasa pengiriman dan perusahaan makanan yang menjadi penyebab lonjakan limbah plastik dalam beberapa tahun belakangan.

Proses pendauran ulang limbah plastik di China biasa mengimpor limbah dari Amerika dan Eropa, namun pemerintah membatalkan pengiriman plastik mulai 2018, antara lain untuk mendorong perusahaa-perusahaan memproses limbah dalam negeri.
 

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2019 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99