Sabtu, 22 September 2018

Jepang Bantu Filipina

Oleh: alex
Jumat, 10 November 2017 14:48:00
BAGIKAN:
inquirer.
Rodrigo Duterte, Presiden Filipina.

TOKYO (MM): Jepang akan membangun empat stasiun radar penjaga pantai di pulau di laut Sulu, yang memisahkan Filipina dengan Indonesia, untuk membantu mengatasi lonjakan perompakan, kata sumber.

Kesepakatan untuk mendanai sarana tersebut dan memberikan pelatihan kepada penjaga pantai setempat kemungkinan ditandatangani pada awal minggu depan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Manila, kata sumber tersebut.

"Lautan di daerah itu adalah jalur penting kapal dagang, yang berlayar ke Jepang," kata narasumber, yang mengetahui rencana tersebut, namun meminta tidak dikenali karena tidak berwenang berbicara dengan media.

Dari 30 pembajakan, yang dilaporkan pada paruh pertama 2017, enam di antaranya melibatkan senjata api, yang tiga di antaranya turut menculik awak kapalnya, yang berlayar di laut Sulu, kata Kesepakatan Kerja Sama Kawasan untuk Memerangi Pembajakan dan Perampokan Bersenjata terhadap Kapal di Asia (ReCAAP). Empat percobaan penculikan di perairan juga turut tercatat.

Jepang akan mendanai pembangunan stasiun radar melalui anggaran Bantuan Pembangunan Luar Negeri (ODA), kata sumber tersebut.

"Jepang sadar tentang perlunya melawan pembajakan di wilayah ini dan sangat ingin membantu, tapi kami tidak dapat mendiskusikan proyek individual," kata pejabat di Kementerian Luar Negeri Jepang, yang menyebarkan pengeeluaran ODA di luar negeri.

Stasiun radar adalah bagian dari paket bantuan yang lebih luas yang mencakup suku cadang helikopter untuk militer Filipina, pembiayaan proyek-proyek infrastruktur seperti jalur kereta api dan pembangunan kembali kota Marawi Selatan yang dilanda konflik setelah lima bulan operasi militer melawan milisi ISIS.

Dengan menyediakan bantuan tersebut, Tokyo bertujuan untuk memperdalam hubungan ekonomi dan keamanan dengan Manila yang tampaknya juga ingin menggandeng China. Jepang melihat Filipina, yang terletak di sisi timur Laut Cina Selatan, sebagai sekutu penting dalam membantu mencegah pengaruh Beijing menyebar ke Pasifik Barat.

Abe akan melakukan perjalanan ke Filipina pada Senin menyusul pertemuan dua hari pemimpin kawasan di Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Vietnam.
 

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR

China Bantu Lombok

2 minggu lalu    Berita Suka

MATARAM (MM): Sekretaris PWNU Nusa Tenggara Barat, L Winengan mengatakan NU mengapresiasi bantuan yang diberikan pemerintah Republik Rak

2 minggu lalu   Berita Suka

Daniel Zhang Gantikan Jack Ma

3 minggu lalu   Berita Suka

Ratu Thailand Dipulangkan dari Rumah Sakit

4 minggu lalu   Berita Suka

Taiwan Sumbang Korban Gempa Lombok

2 bulan lalu   Berita Suka

Umat Buddha Punya Pusdiklat di Jakarta Barat

Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99