Selasa, 19 Juni 2018

Natal di Beijing dan Shanghai

Oleh: marsot
Selasa, 19 Desember 2017 05:26:00
BAGIKAN:
istimewa.
Natal.

BEIJING (MM): Perayaan Natal yang digelar umat Kristiani berkewarganegaraan Indonesia di Beijing dan Shanghai, China, lebih awal.

Kedutaan Besar RI di Beijing menggelar misa Hari Raya Natal pada Sabtu (16/12) malam. Demikian pula dengan lima gereja di Shanghai yang jemaatnya para WNI.

"Perayaan Natal lebih awal ini karena menjelang dan sesudah hari-H pada 25 Desember 2017 banyak pelajar kita yang harus menjalani UAS (ujian akhir semester)," kata Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Beijing, Santo Darmosumarto, Senin 18 Desember 2017.

Perayaan Natal bersama di aula KBRI Beijing itu dipimpin Romo Albert Suryadi dan khotbah Natal disampaikan oleh Pendeta Eddy Susanto.

"Sekitar 200 jemaat yang kebanyakan kalangan pelajar mengikuti perayaan Natal bersama tahun ini," ujarnya.

Rangkaian peribadatan dengan tema "Natal Putih" tersebut ditutup dengan makan malam bersama di KBRI Beijing.

Enam gereja yang jemaatnya para WNI di Shanghai juga menyelenggarakan perayaan Natal pada Sabtu (16/12) malam.

Keenamnya adalah Evangelical Reformed Church (ERC), Gereja Reformed Injili Indonesia di Shanghai (GRII), Shanghai Indonesian Fellowship (SIF), Blessing in The Spirit (BEST), Indonesian Full Gospel Fellowship (IFGF), dan Indonesian Catholic Youth Community (ICYC).

"Di gereja kami dipimpin oleh Pendeta Nico Ong dari Surabaya. Selain WNI, jemaat kami juga ada warga lokal dan warga negara Filipina serta beberapa pegawai KJRI (Konsulat Jenderal RI di Shanghai)," kata Nathan Christian dari ERC melalui pesan singkatnya kepada Antara di Beijing.

Dalam kesempatan tersebut, Konsul Jenderal RI di Shanghai, Siti Nugraha Mauludiah, menyampaikan terima kasih kepada WNI yang mengundangnya.

"Ini merupakan undangan perayaan Natal yang kedua karena tahun lalu saya juga diundang. Saya berharap umat Kristiani Indonesia di sini tetap menjaga semangat dan kedamaian Natal," katanya.

Selain di Beijing dan Shanghai, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) Raynaldo Aprillio mengatakan bahwa beberapa pelajar Indonesia juga menggelar Natal lebih awal di berbagai kota di China. (T.M038) Keterangan Foto: Sejumlah WNI menyelenggarakan perayaan Natal bersama di gereja Evangelical Reformed Church (ERC) di Shanghai, China, Sabtu (16/12) malam. Foto: KJRI Shanghai.
 

Sumber: antaranews.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99