Jumat, 19 Oktober 2018

Presiden Vietnam Meninggal Dunia

Oleh: marsot
Sabtu, 22 September 2018 03:55:00
BAGIKAN:
reuters.
Tran Dai Quang, Presiden Vietnam.

HANOI (MM): Presiden Vietnam Tran Dai Quang, salah seorang dari tiga pemimpin tinggi negara itu tapi sebagian besar tugasnya seremonial, meninggal setelah menderita sakit, kata pengumuman radio dan televisi negara.

Quang, 61 tahun, meninggal di rumah sakit militer di Hanoi karena "sakit parah kendati usaha untuk memberikan pertolongan dilakukan oleh dokter dan profesor internasional," kata Televisi Vietnam, Jumat 21 September 2018.

Vietnam tidak memiliki pemimpin tertinggi dan secara resmi dipimpin oleh presiden, perdana menteri dan ketua Partai Komunis. Pakar mengatakan peran kepresidenan lebih banyak bersifat seremonial.

Quang dipilih menjadi presiden pada April 2016. Sebelum itu, dia menjadi menteri Keamanan Umum, organisasi dengan kekuasaan besar dan mencakup intelijen dan menggagalkan ancaman dari dalam negeri dan asing terhadap partai itu.

Quang dibesarkan dari masyarakat pertanian 115 km sebelah selatan Hanoi, menapaki karir di partai menjadi jenderal polisi dan anggota Politbiro, pembuat keputusan yang kuat di Vietnam.

"Kami sedih mendengar kabar bahwa presiden telah meninggal," kata Bui Duc Phi, kepala desa tempat Quang dilahirkan.

Desas-desus tentang sakit Quang merebak di media sosial selama beberapa bulan.

Salah satu penampilannya yang terakhir ketika ia bersama Presiden Joko Widodo yang berkunjung ke Hanoi pada 11 September. Quang tampak kurang sehat dan tersandung saat ia naik ke panggung untuk memberikan penghormatan.

Surat kabar "Vietnam News" mengatakan Quang menjadi tuan rumah resepsi untuk ketua Mahkamah Agung China di Hanoi pada Rabu.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99