Sabtu, 15 Desember 2018

Longsor di Filipina, 29 Tewas

Oleh: marsot
Sabtu, 22 September 2018 04:05:00
BAGIKAN:
istimewa.
Filipina.

MANILA (MM): Filipina menghentikan sementara semua penggalian di tujuh wilayah menyusul longsor di dekat tambang batu kapur, yang menewaskan sedikit-dikitnya 29 orang, dengan puluhan lagi dikhawatirkan terjebak di bawah puingnya.

Saat pencarian, penyelamatan dan pengambilan dilanjutkan di tempat longsor di kota Naga di pulau tengah, Cebu, Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Alam Roy Cimatu mengumumkan penundaan 15 hari sambil menunggu penilaian keamanan di tempat penggalian lain.

Longsor itu, salah satu dari beberapa kejadian sejak 15 hingga 20 September di negara itu, dipicu hujan lebat pada Kamis pagi, mengubur duapuluhan rumah dan orang di dalamnya.

Pihak berwenang menyebutkan korban tewas berjumlah 29 orang pada Jumat, dengan regu penyelamat masih menggali untuk kemungkinan lebih dari 50 orang, yang dipercaya terkubur hidup-hidup.

"Itu juga bisa terjadi di tambang lain di seluruh negara ini," kata Cimatu saat jumpa pers di Kota Naga, Jumat 21 September 2018.

"Saya memerintahkan peninjauan dan penilaian kembali semua kegiatan pertambangan di seluruh negeri untuk menentukan keamanan penambangan." Ia memerintahkan Biro Pertambangan dan Geosains (MGB), pengatur industri pertambangan dan penggalian negara itu, melakukan penilaian keamanan khusus di tujuh wilayah tempat penggalian besar berada.

Direktur MGB Wilfredo Moncano mengatakan kepada Reuters bahwa ia memperkirakan dampak kecil dari penundaan itu pada hasil industri, tapi tidak memberikan perkiraan.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengulangi seruannya pada Senin untuk menutup semua tambang di negara itu menyusul longsor mematikan, yang dipicu hujan lebat akibat topan Mangkhut, yang melanda negara itu pada 15 September.

Cimatu juga memerintahkan penghentian semua penambangan kecil di daerah Cordillera, yang bergunung-gunung dan kaya emas, tempat sebagian besar longsor terjadi, dan memerintahkan peninjauan lebih dari 100 usul untuk penambangan kecil di seluruh negeri tersebut.

Sumber: antara/reuters.
BAGIKAN:

BACA JUGA

KOMENTAR
Copyright © 2014 - 2018 MandarinMedan.com. All Rights Reserved.
vipqiuqiu99 vipqiuqiu99